Dr Aqua Dwipayana : Prajurit TNI Harus Integrasikan Nilai Patriotisme dalam Kehidupan Pribadi dan Tugas Profesional

Untuk menjadi patriot sejati dalam keluarga dan tugas sebagai seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), seseorang perlu mengintegrasikan nilai-nilai patriotisme ke dalam kehidupan pribadi dan tugas profesionalnya. 

15 Oct 2023 - 22:00
Dr Aqua Dwipayana : Prajurit TNI Harus Integrasikan Nilai Patriotisme dalam Kehidupan Pribadi dan Tugas Profesional
Flyer Dr Aqua Dwipayana yang akan memberikan motivasi kepada Prajurit TNI di Korem 061/Suryakancana

Bogor, SJP  - Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan, patriotisme adalah cinta dan dedikasi kepada negara dan masyarakat. 

Untuk menjadi patriot sejati dalam keluarga dan tugas sebagai seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), seseorang perlu mengintegrasikan nilai-nilai patriotisme ke dalam kehidupan pribadi dan tugas profesionalnya. 

Mengawali pekan ketiga Oktober 2023, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kembali tancap gas menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Setelah sebelumnya sempat istirahat selama seminggu karena sakit batuk dan flu.

Kali ini, Senin pagi, 16 Oktober 2023, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut akan menyampaikan materi bertajuk “Menjadi Patriot Sejati dalam Keluarga dan Tugas, Jalani, Nikmati, dan Syukuri”. Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut dilangsungkan di Aula Korem 061/Suryakancana Jalan Merdeka No. 64 Bogor.

Awalnya sharing ini diminta oleh Komandan Denpom III/1 Bogor Kodam III/Siliwangi Letnan Kolonel Cpm Anggun Hendryantoro, S.H., M.Sc untuk kegiatan internal. Kemudian Danrem 061/Suryakancana Bogor Brigjen TNI Anan Nurakhman, S.I.P., meminta agar pesertanya se-Korem dan tempatnya berlangsung di aula Korem. 

Anan yang sebelum menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama (Solo) Kodam IV/Diponegoro antusias mendukung acara tersebut. Sehingga meminta Anggun dan jajarannya mengundang seluruh perwakilan satuan di Korem 061/Suryakancana.

Tidak hanya itu. Anan juga yang memerintahkan agar acaranya dilaksanakan di aula Korem 061/Suryakancana.

Begitu antusiasnya Anan mendukung kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu sehingga rencananya akan membuka sendiri acara tersebut. Jika tidak ada kegiatan mendadak, akan hadir hingga selesai. Juga telah menyiapkan plakat sebagai kenang-kenangan buat Dr Aqua Dwipayana.

Mendedikasikan Diri

Dalam pernyataan menjelang sesi sharing, Dr Aqua Dwipayana mendorong setiap prajurit TNI untuk benar-benar mendedikasikan diri melindungi negara dan rakyat. Hal itu menjadi bentuk pengabdian sejati setiap prajurit TNI.

“Di sisi lain, jelaskan kepada keluarga bahwa pengabdianmu adalah bentuk cinta dan tanggung jawabmu kepada bangsa dan negara. Patriotisme dalam keluarga dan tugas sebagai prajurit TNI adalah upaya yang berkelanjutan,” katanya. 

“Dengan menjalankan nilai-nilai ini dengan konsisten, seseorang dapat menjadi patriot sejati yang memberikan kontribusi positif pada keluarga, masyarakat, dan negara,” imbuh Dr Aqua Dwipayana.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu menegaskan patriotisme adalah cinta dan dedikasi kepada negara dan masyarakat. Untuk menjadi patriot sejati dalam keluarga dan tugas sebagai seorang prajurit TNI, seseorang perlu mengintegrasikan nilai-nilai patriotisme ke dalam kehidupan pribadi dan tugas profesionalnya.

Dr Aqua Dwipayana memaparkan cara untuk menjadi patriot sejati dalam keluarga dan dalam menjalankan tugas sebagai prajurit TNI.

“Sebagai prajurit TNI, cintai tanah airmu. Pahami sejarah dan budaya Indonesia, serta apresiasi kekayaan alam dan keanekaragaman sosialnya. Ajarkan nilai-nilai patriotisme ini kepada keluarga. Diskusikan sejarah, nilai-nilai, dan pentingnya cinta tanah air dalam pembentukan karakter anak-anakmu,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Lebih jauh, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menjelaskan sebagai kepala keluarga, jadilah panutan yang baik. 

Berikan dukungan emosional dan finansial kepada keluarga. Pastikan anak-anakmu memahami pentingnya tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian, penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu mendorong segenap prajurit untuk terus menambah pengetahuan dan keterampilan. 

Ini akan meningkatkan profesionalismemu dan keandalan dalam tugas-tugas militer. Berikan contoh positif kepada keluarga dengan menekankan pentingnya pendidikan dan perkembangan diri.

“Wujudkan disiplin dan kepatuhan dalam segala aspek kehidupan, termasuk di keluarga. Ini mencerminkan profesionalisme dan integritas sebagai prajurit TNI. Ajarkan kepada anggota keluarga tentang pentingnya tata tertib dan etika dalam kehidupan sehari-hari,” kata Dr Aqua menegaskan.

Pria yang hobi silaturahim itu menyatakan agar setiap prajurit dapat terlibat dalam kegiatan sosial atau pelayanan masyarakat bersama keluarga. Ini akan menginspirasi anak-anakmu untuk menjadi warga yang peduli dan berkontribusi pada masyarakat.

Sebagai prajurit TNI, lakukan tugas kemanusiaan dan bantu masyarakat dalam situasi darurat atau bencana alam. Tanamkan nilai-nilai kepemimpinan dalam keluarga. Ajarkan kepada anggota keluarga tentang bagaimana menjadi pemimpin yang adil dan bertanggung jawab.

Juga agar menunjukkan kepemimpinan dalam unit dan tim. Jadilah contoh yang baik dalam menjalankan tugas dan memimpin bawahanmu.

“Patuhi hukum dan etika dalam keluarga serta dalam tugas prajurit. Ini menciptakan integritas dan kepercayaan. Ajarkan kepada anggota keluarga tentang pentingnya kejujuran, etika, dan tanggung jawab,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Sesuai jadwal, Dr Aqua Dwipayana direncanakan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi termasuk tanya-jawab sekitar 3 jam di Korem 061/Suryakancana.

Tentang Korem 061/Suryakancana

Komando Resor Militer 061/Suryakancana atau Korem 061/SK adalah Korem di bawah komando Kodam III/Siliwangi, yang meliputi Kodim Kota Bogor, Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi. Mako Korem 061/SK berada di Jalan Merdeka No 64, Kelurahan Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pascakemerdekaan, tepatnya pada 15 Oktober 1945, di Bogor dibentuk pasukan militer yang menjadi cikal bakal dari berdirinya Korem Bogor. Yaitu BKR resimen II yang membawahi 4 batalion, yaitu:

  1. Batalion I Depok (Teritori Depok, Parung, Bojonggede, Rumpin, Semplak hingga Tenjo)
  2. Batalion II Leuwiliang (Teritori Leuwiliang, Ciampea, Jasinga, Cigudeg hingga Sukajaya)
  3. Batalion III Jonggol (Teritori Jonggol, Cileungsi, Gunung Putri, Citeureup, Cibinong, Cibarusah, Serangbaru hingga Pangkalan)
  4. Batalion IV Bogor (Teritori Bogor, Kedunghalang, Ciomas, Ciawi, Cisarua, hingga Cigombong).

Baru pada tanggal 1 September 1949 secara resmi Korem 061/Suryakancana berdiri, yang memiliki motto "Wawanen Jeung Wiwaha, Caringcing Bari Waspada" (bahasa Indonesia: Keberanian dengan perhitungan, siap sedia sambil tidak lengah). 

Pada tahun 1994, Korem ini mendapatkan gelar sebagai Korem terbaik di Indonesia, saat Komandan Korem dijabat oleh Kolonel Inf. Sutiyoso.

Satuan Korem 061/Suryakancana merupakan satuan di bawah Kodam III/Siliwangi yang memiliki pembagian wilayah, di antaranya adalah:
1.    Kodim 0606/Kota Bogor: meliputi wilayah Kota Bogor
2.    Kodim 0607/Kota Sukabumi: meliputi wilayah Kota Sukabumi
3.    Kodim 0608/Cianjur: meliputi wilayah Kabupaten Cianjur
4.    Kodim 0621/Kabupaten Bogor: meliputi wilayah Kabupaten Bogor
5.    Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi: meliputi wilayah Kabupaten Sukabumi
6.    Batalyon Infanteri 315/Garuda.

Silaturahim ke Pangkogabwilhan I

Seusai acara di Korem 061/Suryakancana, Dr Aqua Dwipayana langsung ke Mabes TNI di Cilangkap Jakarta Timur. 

Agendanya cuma satu yakni silaturahim dan diskusi sama teman akrabnya yang menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Erwin Slamet Aldedharma.

Mereka rencananya mendiskusikan berbagai hal aktual yang sedang terjadi. Pertemuan itu sekaligus bakal dimanfaatkan Dr Aqua Dwipayana untuk banyak belajar pada perwira tinggi bintang tiga yang sangat rendah hati tersebut.

Selesai silaturahim ke Erwin, Dr Aqua Dwipayana langsung ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur.

Begitu mendarat di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, ke Tulungagung. Senin malam diagendakan ketemu teman akrabnya, Heru Suseno yang pada Senin, 29 September 2023 lalu, telah dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Penjabat Bupati Tulungagung.

Heru yang menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur ini menggantikan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang masa jabatannya selesai pada hari itu. 

Dari Tulungagung sudah ada sederetan agenda lainnya baik di Jawa Timur, Jawa Tengah, maupun Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan utamanya adalah silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi. (**)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow