DPC Projo Ganjar Gelar Diskusi Lintas Elemen, Soroti Masalah HAM dan Kekerasan Seksual

Dewan Pimpinan Cabang Projo Ganjar Kabupaten Jombang gelar diskusi lintas elemen masyarakat. Ratusan peserta hadir dalam diskusi yang digelar terbuka di kantor DPC Projo Jombang, Jalan Kapten Tendean, No 125, Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

11 Dec 2023 - 20:00
DPC Projo Ganjar Gelar Diskusi Lintas Elemen, Soroti Masalah HAM dan Kekerasan Seksual
Kegiatan diskusi lintas elemen DPC Projo Ganjar di Jombang. (Foto : Fredi/SJP)

Kabupaten Jombang, SJP - Dewan Pimpinan Cabang Projo Ganjar Kabupaten Jombang gelar diskusi lintas elemen masyarakat.

Ratusan peserta hadir dalam diskusi yang digelar terbuka di kantor DPC Projo Jombang, Jalan Kapten Tendean, No 125, Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Diskusi mengusung tema Menakar Komitmen Ganjar – Mahfud dalam Penegakan HAM dan Penghapusan Kekerasan Seksual menghadirkan sejumlah pembicara.

Di antaranya Illian Deta Arta Sari Wakil Direktur Deputi Inklusi TPN Ganjar Mahfud, Aan Anshori Direktur Link Jombang dan Joko Fattah Rochim LSM FRMJ sebagai pemateri utama dan beberapa narasumber lainnya. 

Wakil Direktur Deputi Inklusi TPN Ganjar - Mahfud, Illian Deta Arta Sari mengatakan tema diskusi soal penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) dan penghapusan Kekerasan Seksual menjadi pekerjaan bersama bagi kita. 

"Aspirasi dari masyarakat merupakan masukan buat kami," kata Illian Deta kepada wartawan, Senin (11/12/2023). 

Menurut Illian Deta, masalah HAM dan kekerasan seksual merupakan kejahatan serius yang harus dituntaskan sampai akar - akarnya. 

”Dalam persoalan kekerasan seksual, pelaku harus mendapatkan hukuman yang setimpal serta korbannya harus kita kawal sejak awal. Mulai dari pelaporan, pemulihan dan penanganan traumanya,’’ jelasnya.

Terkhusus penanganan kekerasan seksual di Indonesia tidak hanya sekedar di ranah hukum, namun lebih dari itu penanganan harus terintegrasi dengan sektor lain. 

"Misalnya, pendidikan keluarga, serta sosialisasi pencegahan di jenjang Sekolah," terangnya. 

Sementara dalam persoalan penegakan HAM, Illiana Deta menjelaskan jika pasangan Ganjar - Mahfud memiliki komitmen untuk menuntaskan pelanggaran HAM di Indonesia. 

”Hari ini kami menerima banyak aspirasi mulai dari kalangan difabel, PKL dan lain-lain," jelasnya. 

Sementara, Ketua DPD Projo Ganjar Joko Fattah Rochim menyampaikan, pasangan Ganjar - Mahfud adalah pasangan yang getol terhadap pengentasan kasus kekerasan seksual dan penegakan hukum. 

”Keduanya adalah lulusan hukum. Visi misi dan program yang dibawakan unggul dalam bidang penanganan kasus kekerasan seksual serta penegakan HAM,’’ kata Fattah biasa disapa. 

Fattah juga berharap jika dengan kegiatan seminar dapat menyaring sebanyaknya aspirasi dari pendukung dan masyarakat. 

"Pesan dari masyarakat agar bisa menjadi pegangan pasangan Ganjar - Mahfud," tandasnya. (*) 

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow