Dani Alves Ajukan Banding Setelah Putusan 4,5 Tahun Penjara

Pemain asal Brasil ini didakwa melakukan rudapaksa di Spanyol dan dihukum 4,5 tahun penjara

23 Feb 2024 - 07:00
Dani Alves Ajukan Banding Setelah Putusan 4,5 Tahun Penjara
Dani Alves ajukan banding setelah didakwa dengan hukuman 4,5 tahun (reuters/SJP)

Barcelona, SJP- Pesepakbola Brasil Dani Alves dinyatakan bersalah karena memperkosa seorang wanita di toilet sebuah klub malam Barcelona pada tahun 2022 dan dijatuhi hukuman 4-1/2 tahun penjara pada Kamis, dan ia akan mengajukan banding.

Pengacara Alves, Ines Guardiola, mengatakan kepada wartawan di luar pengadilan bahwa tim hukumnya akan mengajukan banding.

“Saya masih yakin Alves tidak bersalah,” katanya.

Pengadilan tinggi di wilayah Catalonia Spanyol juga memerintahkan Alves, yang telah dipenjara selama lebih dari setahun dan berulang kali mengubah ceritanya, untuk membayar 150.000 euro ($163.000) kepada korban.

“Hukuman tersebut menganggap telah terbukti bahwa korban tidak memberikan persetujuannya, dan terdapat bukti, selain kesaksian penggugat, yang menganggap pemerkosaan tersebut terbukti,” kata pengadilan dalam sebuah pernyataan.

Setelah masa hukuman penjaranya berakhir, Alves, 40, akan menjalani masa percobaan selama lima tahun.

Namun dia akan segera bisa meminta izin untuk jangka waktu singkat dari penjara dekat Barcelona tempat dia ditahan setelah dia menjalani seperempat masa hukuman dan memenuhi persyaratan lainnya, kata seorang pejabat pengadilan.

Pengadilan mengatakan bahwa selain kesaksian korban, hal ini juga dianggap sebagai bukti bahwa ia menderita cedera lutut setelah Alves mendorongnya ke lantai, serta perilaku Alves setelah kejadian tersebut dan fakta bahwa ia menderita akibat setelahnya.

Jaksa menuntut hukuman sembilan tahun penjara bagi Alves dan korban meminta hukuman 12 tahun penjara namun pengadilan menjatuhkan hukuman penjara 4-1/2 tahun,

Jaksa dengan mengatakan bahwa hal tersebut dianggap sebagai faktor yang meringankan bahwa ia memilih untuk membayar kompensasi kepada korban tanpa menghiraukan hukuman yang dijatuhkan kepada Alves.

Pengacara korban, Ester Garcia, mempertanyakan apakah adil jika terdakwa yang memiliki uang mampu membayar hukuman yang lebih ringan.

“Saya berhak mengambil tindakan hukum dan berdasarkan pemahaman saya bahwa dari sudut pandang hukum harus ada banding,” kata Garcia.

Meski begitu, Garcia menyebut kliennya puas karena Alves dinyatakan bersalah.  “Pada akhirnya, mereka mempercayai saya,” kata korban, menurut Garcia.

Mantan bek Barcelona itu ditangkap pada Januari tahun lalu dan telah dipenjara sejak saat itu. Dia dibawa ke gedung pengadilan pada hari Kamis untuk mendengarkan putusan tersebut, yang dikeluarkan dua minggu setelah persidangan selesai.

Alves mengubah versi kejadiannya beberapa kali.

Dia awalnya menyangkal mengenal wanita tersebut dan akhirnya mengakui melakukan hubungan seksual penuh namun Alves mengklaim bahwa itu dilakukan atas dasar suka sama suka.(**)

Sumber: Reuters

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow