Bromo Ditutup Sementara Sore ini, Listrik Juga Padam, Ada Apa?

Penutupan Bromo berlaku dari empat pintu masuk di empat Kabupaten di Lereng Bromo yaitu Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

12 Dec 2023 - 17:00
Bromo Ditutup Sementara Sore ini, Listrik Juga Padam, Ada Apa?
Selama pelaksanaan megeng atau pati geni wisata Bromo tutup sementara. (FOTO: Armandsyah/SJP)

Kabupaten Probolinggo, SJP – Kawasan wisata Bromo ditutup sementara sejak Selasa (12/12/2023) sore dan listrik PLN juga dimatikan.

Penutupan dilakukan dalam rangka megeng atau pati geni, saat awal wulan kapitu.

Penutupan itu berlaku dari empat pintu masuk di empat Kabupaten di Lereng Bromo yaitu Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, 

Kebijakan itu dikeluarkan oleh pemerintah Desa Ngadisari. Kades Ngadisari, Sunaryono, membenarkan adanya himbauan tersebut. Isinya sebagai berikut.

Mengenai akan diadakannya acara adat Wulan Kapitu (Megeng atau Pati Geni) di wilayah Tengger Rata Cemara Sewu khususnya Desa Ngadisari. Maka dari itu Kepada Seluruh Pemilik/Pimpinan Hotel, Villa, HomeStay, Warung, Toko dan Pelaku Usaha Lainnya di Lingkungan Desa Ngadisari untuk Memadamkan Listrik. Baik didalam maupun diluar dan Tidak Melakukan Aktivitas berlebih lainnya.

“Pelaksanaannya dua gelombang. Atau tepatnya pada penutupan sementara nanti sampai besok dan 9 Januari mendatang,” tulis Sunaryono, Selasa (12/12/2023).

Gelombang pertama pemadaman itu mulai hari ini. Selasa, 12 Desember 2023 mulai pukul 16:00 WIB hingga Rabu, 13 Desember 2023 pukul 16:00 WIB.

Selanjutnya pada gelombang dua, hari Selasa, 09 Januari 2024 mulai pukul 16:00 WIB hingga Rabu, 10 Januari 2024 pukul 16:00 WIB.

Pemadaman listrik itu bertujuan untuk menciptakan suasana hening dan sunyi sehingga warga tengger yang sedang beribadah pati geni atau megeng, lebih khusyuk.

Penutupan sementara ini, sudah dilaksanakan sejak dahulu kala, setiap tahunnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow