Antusiasme Pelajar Indonesia Terhadap Teknologi Tersalurkan dalam Lomba IT ‘FITCOM 2.0

Lomba FITCOM 2.0 terbagi dalam tiga (3) kategori utama, yakni cyber security, web programming, dan line tracer, yang merupakan bidang-bidang relevan di era yang serba modern dan digital.

30 Aug 2024 - 15:45
Antusiasme Pelajar Indonesia Terhadap Teknologi Tersalurkan dalam Lomba IT ‘FITCOM 2.0
Para pelajar SMA, SMK sederajat saat ikuti Lomba FITCOM 2.0 di UNDIKA (Dok. Humas Undika/SJP)

Surabaya, SJP - Semangat anak muda Indonesia dalam mengembangkan keterampilan teknologi semakin mengemuka, khususnya dalam bidang cyber security, web programming, dan robotik. 

Hal ini tercermin dalam perhelatan lomba nasional 'FITCOM 2.0' yang sukses digelar pada Selasa (27/08) lalu di Universitas Dinamika (UNDIKA) atau dulunya dikenal sebagai STIKOM Surabaya ini.

FITCOM 2.0 berhasil menarik 64 tim dari kalangan SMA, SMK, dan MA se-Indonesia yang bersaing sengit untuk memperebutkan piala bergilir dari Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, serta Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim.

Teguh Sutanto, selaku Ketua Pelaksana 'FITCOM 2.0', mengungkapkan bahwa antusiasme terhadap kompetisi tersebut sangat besar, terbukti dari peserta yang tidak hanya berasal dari Jawa Timur, tetapi juga berhasil menarik peserta dari daerah lain seperti Jawa Tengah hingga DKI Jakarta.

“Perlombaan kemarin terbilang sukses, peserta yang hadir secara offline di babak final sangat beragam, baik dari segi wilayah maupun kemampuan," ujar Teguh, Jum'at (30/8).

"Ini menandakan bahwa minat terhadap teknologi, terutama yang berkaitan dengan dunia IT, semakin kuat di kalangan generasi muda,” imbuhnya.

Lomba FITCOM 2.0 ini dibagi dalam tiga (3) kategori utama, yakni cyber security, web programming, dan line tracer, dimana setiap katagori itu terbagi lagi ke dalam beberapa sesi untuk menyeleksi peserta untuk lolos ke babak semifinal dan final. 

Tidak dipungkiri bahwa salah satu daya tarik utama lomba ini adalah piala bergilir yang diberikan kepada juara pertama di tiap kategori perlombaan. Prosesi penyerahan piala secara simbolis dari instansi terkait kepada panitia menjadi momen penting sebelum piala tersebut diserahkan kepada para juara.

Dari hasil performa para peserta, juri pun menetapkan para pemenang dari masing-masing kategori. Adapun pemenang dari tiap kategori sebagai berikut:

  • Kategori Cyber Security

Juara 1 - SMA Mimi School Surabaya

Robby Abdillah Zam Zami

James Soejono

Juara 2 – SMK Walisongo 2 Gempol

Aditya Baruna Irawan

Sobahus Sururin Ni’am

Juara 3 – SMK Telkom Malang

Cipto Yafig Adiwongso

Muhammad Syamil Muwahhid

  • Kategori Web Programming

Juara 1 – SMK Telkom Sidoarjo

Aiman Wafi’I An Nawal

Masyhudi Affandi

Juara 2 – SMKN 1 Surabaya

Kayla Clearestalina Balqis

Juara 3 – SMKS 17 Agustus 1945 Surabaya

Ishak Immanuel

Brahmana Apta Putra Rehan

  • Kategori Line Tracer

Juara 1 – SMA Negeri 2 Surabaya

Shaan Ananda Majid

Razan Muhammad Dzaki

Juara 2 – SMK Negeri 5 Surabaya

Roamar Dzakha Izullah

Pradipa Fikri Azhar

Juara 3 – SMK Dharma Bahari Surabaya

Chusnaini Nasifa Khaidah Khafsah

Sebagai salah satu peserta, Chusnaini Nasifa Khaidah Khafsah, menceritakan bahwa pengalaman lomba FITCOM 2.0 cukup berkesan baginya, yang mana ia ikut kategori line tracer tanpa tim dan merancang robotnya dalam waktu semalam sebelum lomba.

“Saya memang mendaftar di detik-detik terakhir, jadi robotnya dikebut semalam. Alhamdulillah, robotnya bisa berfungsi dengan baik, dan saya bisa mengikuti lomba ini,” ungkap siswa kelas 12 SMK Dharma Bahari Surabaya yang raih juara tiga di kategori line tracer itu.

Selain berhak untuk mendapatkan piala bergilir, para pemenang juga menerima beasiswa pendidikan dari Universitas Dinamika sebagai wujud apresiasi. (*)

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow