Antisipasi Aksi Bullying, Wabup Gresik Datangi Sekolah-sekolah

Wabup Gresik mengajak para siswa untuk saling menyayangi sesama manusia. Sebisa mungkin menghindari kekerasan dan perbuatan tidak terpuji kepada sesama.

12 Oct 2023 - 07:45
Antisipasi Aksi Bullying, Wabup Gresik Datangi Sekolah-sekolah
Wabup Gresik saat mendatangi sekolah dan meninjau kegiatan belajar mengajar siswa.

Kabupaten Gresik, SJP – Maraknya aksi bullying atau perundungan yang terjadi di dunia pendidikan belakangan ini, menjadi keprihatinan berbagai pihak.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) membuat berbagai terobosan dan inovasi sebagai langkah pencegahan.

Salah satunya adalah Sinau Bareng. Pada program ini, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mendatangi beberapa sekolah SMP untuk memberikan edukasi serta motivasi kepada para siswa-siswi.

Tujuannya yakni membuka wawasan sekaligus mencegah tindakan bullying atau kekerasan di sekolah.

Kunjungan Wakil Bupati Gresik diawali di UPT SMPN 20 Gresik. Disana, kedatangan perempuan nomor dua di Kota Santri tersebut disambut dengan meriah oleh para siswa dan guru.

Dia pun terkesima mendapati para siswa memberikan berbagai persembahan. Seperti banjari dan tari damar kurung masmundari.

“Saya bangga melihat para siswa kita yang juga senantiasa menjaga kelestarian budaya. Ini juga menjadi salah satu tujuan dari sinau bareng hari ini,” ujarnya.

Wabup Gresik lantas memberikan motivasi agar para siswa semakin rajin dalam belajar. Dia berharap agar para siswa dapat membiasakan diri dalam berliterasi atau membaca.

“Salah satu hal yang utama dalam pendidikan adalah literasi. Ini menjadi gerbang dalam membuka wawasan kita lebih jauh,” ungkapnya.

Selain itu, Wabup Gresik juga mengajak para siswa untuk saling menyayangi sesama manusia. Sebisa mungkin menghindari kekerasan dan perbuatan tidak terpuji kepada sesama.

"Muaranya adalah menjadikan sekolah kita menjadi sekolah yang ramah anak,” tandas dia.

Setelah berkunjung di UPT SMPN 20 Gresik, Wabup Gresik kemudian melanjutkan kunjungannya di SMP Semen Gresik yang berlokasi di Jalan Awikoen, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Tak berbeda dari kunjungan sebelumnya, Wabup Gresik menyapa para siswa dan langsung menuju ruang kelas tempat para siswa kelas 8 mengikuti kegiatan sinau bareng. Sambil berjalan, dia tampak berinteraksi dengan sejumlah siswa.

“Saya senang melihat para siswa begitu bersemangat. Apalagi dengan adanya sinau bareng ini, bakal menambah ilmu pengetahuan bagi para siswa. Sebab, sebentar lagi mereka (para siswa) akan menghadapi ujian sekolah. Maka kegiatan ini menjadi pelajaran tambahan yang memberikan manfaat bagi para siswa di SMP Semen Gresik ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Gresik juga berkesempatan melihat pameran hasil projek kurikulum merdeka UPT SMPN 20 Gresik. Seperti ecoprint, batik jumputan, kerajinan serat alam, kompos, dan beberapa makanan dan minuman produksi sekolah. (*)

Editor: Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow