2024, Kota Batu Targetkan Investasi Rp 840 Miliar

Pemkot Batu Optimis mampu mencapai target yang baru. Hal ini dikarenakan daerah destinasi wisata selalu memiliki potensi luar biasa di sektor pariwisata, pertanian dan UMKM menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berwisata ke Kota Batu.

15 Jan 2024 - 12:30
2024, Kota Batu Targetkan Investasi Rp 840 Miliar
Ilustrasi Kota Batu (istimewa/SJP)

Kota Batu, SJP - Tingginya angka investasi di Kota Batu pada 2023 lalu dan bahkan tercatat di angka Rp 1,5 triliun dari target Rp 700 miliar, membuat Pemkot Batu kembali menaikkan target investasi pada 2024 ini menjadi Rp 840 miliar.

Kepala DPMPTSP Kota Batu Dyah Lies Tina mengatakan pada Senin (15/1/2024), bahwa pihaknya optimistis Kota Batu akan mampu mencapai target yang baru. Hal ini dikarenakan daerah destinasi wisata selalu memiliki potensi luar biasa di sektor pariwisata, pertanian dan UMKM menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berwisata ke Kota Batu.

"Di sisi lain, dengan kekayaan potensi tersebut tidak hanya menjadi data tarik wisatawan untuk berkunjung, namun juga menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan saham mereka di Kota Batu," katanya.

Hal tersebut dibuktikan peningkatkan investasi setiap tahunnya yang terus meningkat. Diketahui tahun 2018 sebesar Rp 393,7 miliar, tahun 2019 sebesar Rp 1,8 triliun, tahun 2020 sebesar Rp 928,4 miliar, tahun 2021 Rp 3,3 triliun, tahun 2022 Rp 4,9 triliun dan tahun 2023 mampu terealisasi Rp 1,5 triliun.

Dengan meningkatnya investasi di Kota Batu setiap tahun, maka juga tidak terlepas dari perkembangan pesat di sektor wisata, perhotelan, pertanian dan UMKM. Meskipun pihak Pemkot juga mengingatkan agar investasi yang masuk tetap berbasis lingkungan.

“Artinya investasi yang masuk harus ramah lingkungan. Jangan sampai investasi masuk malah merusak lingkungan dan berdampak pada bencana sosial dan juga bencana alam. Untuk itu investor harus memastikan semua izin telah diselesaikan terlebih dahulu dan mengutamakan warga sekitar sebagai pekerja. Dengan begitu investasi akan minim resiko dan bermanfaat bagi warga dan menjaga lingkungan,” tandasnya. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow