Wujudkan Desa Maju dan Mandiri, Pemkab Malang Raih Penghargaan

Kabupaten Malang miliki 378 desa dengan rincian 76 desa sebagai Desa Maju dan 302 desa sebagai Desa Mandiri dimana jumlah itu merupakan yang tertinggi di Jatim

30 Nov 2023 - 22:00
Wujudkan Desa Maju dan Mandiri, Pemkab Malang Raih Penghargaan
Bupati Malang HM Sanusi (Kanan) saat menerima piagam penghargaan dari Gubernur Jatim Dra.Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (Prokopim)

Kabupaten Malang, SJP - Dinilai berhasil wujudkan Desa Maju dan Mandiri di sektor pertanian dan perkebunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berhasil raih penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Gubernur Jatim, Dra.Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si berikan langsung penghargaan tersebut  kepada Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, saat acara Rapat Kordinasi (Rakor) Pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa di Provinsi Jawa Timur tahun 2023, Kamis (30/11/2023). 

Bupati Malang HM Sanusi katakan penghargaan ini diperoleh atas keberhasilan Pemkab Malang dalam berikan inovasi pada sektor pertanian dan perkebunan.

"Alhamdulillah, prestasi ini menjadi bentuk kerja keras semua pihak, khususnya para kepala desa, pendamping desa dan Camat, Semua ini berkat semua pihak yang tiada lelah untuk terus memberdayakan masyarakat dan membangun desa. Terima kasih untuk semuanya," ucapnya, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (30/11/2023).

Menurut Sanusi, dari 378 desa yang ada di Kabupaten Malang, sebanyak 76 desa sebagai Desa Maju dan 302 desa sebagai Desa Mandiri

Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di Jatim.

"Dilihat dari IDM (Indeks Desa Membangun) kami mencapai target yang di inginkan. Itu berkat sinergi antara DPMD, Camat dan Kepala Desa serta para pendamping dengan memberikan Bimtek kepada admin IDM yang ada desa," jelasnya. 

Sanusi jelaskan capaian tersebut sejalan dengan upaya Pemkab Malang untuk terus bangun dan berdayakan masyarakat desa melalui berbagai program dan kegiatan. 

"Jadi, kami akan terus meningkatkan prestasi yang telah diraih dengan terus melalukan Bimtek agar semua desa (378 desa) bisa menjadi Desa Mandiri, itulah tujuan kami dalam pembangunan dan kemasyarakatan," tegasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow