Wamentan Tinjau Ternak Sapi Perah Penyumbang Susu Terbesar di Kabupaten Pasuruan

KUD Sembada yang berada di Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan merupakan penyumbang susu terbesar di Jawa Timur dan diharapkan dapat memproduksi susu sapi lagi setelah adanya wabah PMK.

15 Dec 2023 - 21:15
Wamentan Tinjau Ternak Sapi Perah Penyumbang Susu Terbesar di Kabupaten Pasuruan
Wakil Menteri Pertanian tinjau ternak sapi perah (foto isbi /SJP)

Kabupaten Pasuruan, SJP — Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi lakukan kunjungan di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Dalam kunjungannya tersebut, Harvick katakan sektor perternakan di wilayah Kabupaten Pasuruan perlu dapat perhatian intensif.

“Susu merupakan salah satu sumber gizi yang penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak bangsa,” katanya dalam kunjungan di KUD Sembada Kecamatan Tutur pada Jumat (15/12/2023) sore.

Wamentan Harvick tuturkan ketersediaan susu dalam negeri menjadi salah satu fokus pemerintah sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menekan angka stunting nasional.

“Masalah produksi susu dan sunting menjadi fokus pemerintah,” ujarnya.

Pasalnya di KUD Sembada yang berada di Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan merupakan penyumbang susu terbesar di Jawa Timur.

Sehingga dalam kunjungannya kali ini bisa kembali memproduksi susu sapi setelah adanya wabah PMK.

"Ini sesuai harapan dan arahan dari Presiden agar menggiatkan sektor pangan diseluruh Indonesia. Mengingat Kabupaten Pasuruan menjadi penyumbang susu terbesar ketiga di wilayah Jawa Timur," jelasnya.

Harvick juga mengatakan bahwa saat wabah PMK menyebar ada setidaknya 10 juta ekor sapi meninggal dunia.

Sehingga dalam hal ini, pemerintah pusat akan terus genjot perkembangan sapi, baik sapi potong dan sapi perah.

"Pengembangan sapi ini nantinya akan disusun untuk pematangan program yang akan dijalankan kedepannya. Dirinya juga mengatakan bahwa akan ada dua opsi untuk mengembangkan sapi perah ini," lanjutnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow