Polsek Ploso Turut Gotong Royong Atasi Tanggul Jebol di Ploso, Jombang

Hujan deras mengguyur wilayah Jombang berdampak pada meluapnya aliran sungai Pagerongkal, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang.

10 Dec 2023 - 10:15
Polsek Ploso Turut Gotong Royong Atasi Tanggul Jebol di Ploso, Jombang
Kapolsek Ploso, AKP Purwo Atmojo Rumantyo bersama personel mendatangi desa terdampak. (Fredi)

Jombang, SJP - Hujan deras mengguyur wilayah Jombang berdampak pada meluapnya aliran sungai Pagerongkal, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang. 

Akibatnya ratusan hektar sawah berikut rumah warga di Dusun Lesungwatu dan Dusun Karangtanjung, Desa Pagertanjung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang terdampak luapan air sungai. 

"Akibat tanggul jebol itu beberapa rumah dan areal persawahan milik warga sekitar 100 hektar yang berada di tiga Dusun tersebut terendam air," kata Kapolsek Ploso, Kompol Purwo Atmojo Rumantyo lewat pesan tertulis kepada wartawan Suarajatimpost, Ahad(12/11/2023). 

Jajaran personel Polsek Ploso langsung turun tangan melakukan gotong royong membantu menangani tanggul jebol akibat luapan sungai tersebut. 

"Personel turun langsung membantu mengatasi tanggul jebol di aliran sungai Pagerongkal," ungkapnya. 

Kompol Purwo menerangkan langkah yang ditempuh oleh jajarannya. Kegiatan awal penanganan dengan menimbun menggunakan tanah di area tanggul yang jebol. 

"Bukan hanya personel kepolisian, tapi petugas TNI dan unsur dinas serta masyarakat juga turut berperan serta membantu," terangnya. 

Lebih lanjut Kompol Purwo mengatakan, tanggul jebol itu terjadi pada hari Jumat (8/12/2023) setelah terjadi hujan deras di wilayah setempat pada Kamis malam. 

"Hujan deras itu mengakibatkan luapan aliran sungai Marmoyo naik hingga sebabkan tanggul sungai Pagerongkal jebol," ujarnya. 

Dikatakan Kompol Purwo, bahwa kerjasama stakeholder mutlak, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas PUPR serta BPBD Jombang.

Alat berat telah didatangkan untuk melakukan penanganan lebih lanjut. 

"Untuk saat ini kondisi air sudah mulai surut dan tidak terdapat korban jiwa maupun materil, situasi akhir dalam keadaan aman dan kondusif," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi mengajak peran serta jajaran agar bersinergi dengan berbagai stakeholder.

Selalu siaga dengan segala bentuk potensi bencana alam seiring masuknya musim penghujan.

"Apabila warga Jombang mengetahui adanya gangguan Kamtibmas agar melaporkan ke Kepolisian terdekat atau menghubungi Call center Polres Jombang 110 atau dapat juga menghubungi call center Kandani 081323332022," imbaunya. (*) 

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow