Spesial, Peringatan Hari Pahlawan Di Kabupaten Madiun bertepatan HUT Pj Bupati Madiun

Hari Pahlawan ke-78 inimengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

10 Nov 2023 - 13:15
Spesial, Peringatan Hari Pahlawan Di Kabupaten Madiun bertepatan HUT Pj Bupati Madiun
Doa bersama usai upacara Hari Pahlawan 2023, bertepatan dengan ulang tahun Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto. Jum'at (10/11/2023) (dok/SJP)

Kabupaten Madiun, SJP - Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Madiun tahun 2023 ini, terasa spesial di Kabupaten Madiun.

Betapa tidak, Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, bertepatan dengan Ulang Tahun Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto ke 58 tahun 2023 ini.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 di Kabupaten Madiun, berpusat di halaman Pendopo Ronggo Djumeno, Jum'at (10/11/2023).

Upacara dipimpin langsung Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, yang bertindak selaku inspektur upacara.

Hadir dalam upacara tersebut, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Madiun, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Madiun, diantaranya dari Kejaksaan Negeri Madiun, Pengadilan Negeri Madiun, DPRD Kabupaten Madiun, Kodim 0803 Madiun, dan yang kalah penting dalam memupuk jiwa dan semangat kepahlawanan para Veteran Pejuang Kemerdekaan yang juga hadir dalam upacara Hari Pahlawan di Kabupaten Madiun.

Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Dalam membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, mengajak seluruh yang hadir untuk bisa merenungkan maksud dari tema peringatan Hari Pahlawan 2023 ini.

"Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara," kata Tontro Pahlawanto, Pj Bupati Madiun.

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan," lanjutnya.

Di akhir amanat ditegaskan, semangat kebersamaan dalam membangun bangsa melalui usaha dan ekonomi kerakyatan, akan menjadikan Indonesia lebih maju dan sejahtera.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera," pungkasnya.

Sementara usai upacara, bertepatan dengan hari ulang tahun Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto ke 58, dilakukan acara do'a bersama dan pemotongan tumpeng.

Sejumlah undangan yang hadir dalam upacara Hari Pahlawan ini pun, juga memberi ucapan selamat, sebagai bentuk dukungan dalam membangun Kabupaten Madiun, yang saat ini dipimpin Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto.(adv).

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow