Peringatan HKN 59 Tahun Kabupaten Malang Pecahkan Rekor MURI

Pemkab Malang catatkan rekor MURI dalam bidang kesehatan dalam Skrining Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (FR-PTM) di lokasi dengan peserta terbanyak.

18 Nov 2023 - 20:45
Peringatan HKN 59 Tahun Kabupaten Malang Pecahkan Rekor MURI
Bupati Malang Sanusi (tengah) dan Kadinkes Kabupaten Malang, drg. Wiyanto Wijoyo, M.MKes (paling kanan) (SJP)

Malang, SJP - Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun Kabupaten Malang yang bertempat di DOME Universitas Muhammadiyah menjadi momen membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Malang.

Pada kegiatan tersebut, Pemkab Malang catatkan rekor MURI dalam bidang kesehatan dalam Skrining Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (FR-PTM) di lokasi dengan peserta terbanyak.

Sanusi, Bupati Malang menuturkan bahwa dalam peringatan HKN kali ini masyarakat semakin termotivasi meningkatkan kesadaran hidup sehat.

"Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan bahwa masyarakat yang sehat dan cerdas adalah kunci untuk mencapai masa keemasan pada periode demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. Oleh karenanya, tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023, yaitu “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” mutlak kita laksanakan," ucapnya memberi sambutan.

Tak lupa, Sanusi juga mengapresiasi peran seluruh pihak sehingga dapat menyukseskan acara tersebut, sekaligus kesuksesan pemecahan Rekor MURI dalam Skrining Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (FR-PTM) yang telah digelar pada Kamis 16/11/2023.

“Saya sangat mengapresiasi pemecahan Rekor MURI yang diinisiasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, yang mana Dinkes telah melakukan Skrining Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (FR-PTM) untuk mengkampanyekan masyarakat hidup sehat yang juga didukung oleh berbagai instansi dan juga masyarakat umum," tukasnya. 

Rekor MURI, lanjut Sanusi, awalnya targetkan 25.059 peserta hingga tercapai 62.488 peserta pemeriksaan kesehatan yang tersebar di 432 lokasi berbeda di seluruh Kabupaten Malang. 

"Tentunya ini menjadi langkah awal dalam mengedukasi masyarakat terkait dengan kesadaran menjaga kesehatan secara mandiri,” imbuhnya.

Dalam agenda tersebut, Sanusi juga berikan penghargaan pada pemenang lomba yang diadakan selama rangkaian HKN ke-59 berlangsung. 

Lomba tersebut antara lain lomba Duta Kesehatan Remaja, Klinik Terbaik, Puskesmas Terbaik, Kader Kesehatan Berprestasi, Posyandu dan sebagainya.

Di momen yang sama Sanusi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Wiyanto Wijoyo me-launching Aplikasi Tindik Anting dan Si Akal Sehat dengan ditandai pemukulan gong, dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai perwujudan rasa syukur atas terselenggaranya Puncak Peringatan HKN ke-59 Kabupaten Malang. 

Tak lupa Sanusi mengucapkan “Selamat Hari Kesehatan Nasional, Sehat Negeriku, Maju Indonesiaku!," .

Hadir pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Malang H Didik Gatot Subroto, Ketua TP PKK Kabupaten Malang Hj. Anis Z. Sanusi beserta Ketua I TP PKK Kabupaten Malang Hanik Dwi Martya Didik Gatot Subroto, Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Perwakilan MURI, Jajaran Kepala OPD, serta Muspika, dan beberapa Kepala Desa se Kabupaten Malang. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow