Pemkot Batu Imbau Tiap Desa Miliki Mobil Wisata

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengharapkan terjadinya pemberdayaan masyarakat melalui inovasi mobil wisata. Pasalnya hal tersebut bisa dimanfaatkan ketika berada dalam peak season atau weekend mengingat kunjungan wisata di Kota Batu pada 2023 mencapai 10 juta pengunjung

01 Mar 2024 - 18:00
Pemkot Batu Imbau Tiap Desa Miliki Mobil Wisata
Ilustrasi mobil wisata Kota Batu (Tiwandasella/SJP)

Kota Batu, SJP - Peningkatan kunjungan wisatawa di Kota Batu membut Pemkot mendorong setiap desa untuk memiliki mobil wisata disetiap desa.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai membeberkan pada Jumat (1/3/2024), mobil wisata tersebut dimaksudkan agar pemberdayaan terjadi di masyarakat sehingga dapat menekan angka kemiskinan di Kota Batu.

"Kalau inovasi diambil Pemkot Batu semua, tentu larinya ke PAD, berbeda kalau inovasi itu diambil oleh pihak desa. Maka terjadi pemberdayaan disana sembari mempromosikan keindahan desanya," ungkapnya.

Terlebih menurut Aries, kunjungan pada 2023 lalu tidak hanya terfokus pada destinasi wisata buatan saja namun juga wana wisata alam yang notabene terletak di beberapa desa di Kota Batu.

Oleh sebab itu, ia berharap tokoh yang ada di desa bisa menangkap peluang tersebut untuk memperbaiki perekonomian dan menunjukkan bahwa setiap titik di Kota Batu memiliki ciri khas yang menarik.

"Seperti kampung sakura, wisata edukasi susu di Brau, dan lain sebagainya. Bisa juga antar pemangku desa melakukan kerjasama sehingga wisatawan yang kurang puas dengan kunjungan di salah satu desa bisa dilanjutkan ke desa yang lain dengan mobil wisata yang sama," pungkasnya. (*)

Editor: Rizqi ArdianĀ 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow