'Nglutus' Jadi Solusi Pj Wali Kota Batu Tekan Kemiskinan

Nglutus sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai lantaran peninjauan secara langsung cukup efektif dalam mengentaskan kemiskinan ekstrim.

02 Mar 2024 - 19:00
'Nglutus' Jadi Solusi Pj Wali Kota Batu Tekan Kemiskinan
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat meninjau keluarga pra sejahtera (Istimewa/Humas/SJP)

Kota Batu, SJP - Setelah Kota Batu tercatat memiliki angka kemiskinan di Jatim dengan prosentase 3,31 persen, Pemkot Batu terus berupaya melakukan penekanan dengan angka kemiskinan di 2024.

Nglutus sampai saat ini juga masih sering dilakukan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, lantaran peninjauan secara langsung cukup efektif dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem.

"Itu memang PR kita dan akan terus diupayakan mengingat 2023 kemarin penurunan kita drastis dan terendah di Jawa Timur," ungkapnya pada Sabtu (2/3/2024).

Aries mengatakan dari hasil berkeliling dan meninjau langsung dari desa ke desa, ditemukan masih banyak warga tidak mampu yang perlu mendapatkan penanganan serius.

Sehingga ketika diketahui terdapat warga yang tidak dibiayai dari bantuan pusat, maka akan dibiayai pemkot batu. Begitu juga ketika bantuan yang diberikan belum tercukupi maka masih akan dicover oleh Pemdes setempat.

Intervensi bantuan kepada warga kurang mampu tersebut dinilai Aries sangat diperlukan. Terlebih untuk warga yang lanjut usia dan tidak bisa lagi bekerja untuk menghidupi dirinya.

"Kenapa kita intervensi? Karena ada yang sudah tidak bisa bekerja sama sekali, misal janda usia lanjut. Itu tidak mungkin kita mempekerjakan mereka, maka harus kita intervensi mulai dari makan hingga kehidupannya. Supaya dia kokoh dalam kehidupannya," imbuhnya.

Sehingga, apabila warga pra sejahtera tersebut mendapat pemasukan dari pemerintah maka mereka tidak akan mengeluarkan terlalu banyak untuk kebutuhan hidup. Oleh sebab itu ia berharap pada akhir 2024 penurunan kemiskinan di Kota Batu bisa kembali terjadi. (*)

Editor: Rizqi ArdianĀ 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow