Komandan Puspenerbal Hadiri Sertijab Tongkat Komando Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Vivi Sisyani hadiri prosesi serah terima jabatan Panglima TNI dari Laksamana TNl Yudo Margono ke Jenderal TNl Agus Subiyanto di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu siang (22/11/2023).

22 Nov 2023 - 22:45
Komandan Puspenerbal Hadiri Sertijab Tongkat Komando Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto
Prosesi Serah terima jabatan Panglima TNI dari Laksamana TNl Yudo Margono ke Jenderal TNl Agus Subiyanto di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu siang (22/11/2023). (Dispen Puspenerbal Pusat/SJP)

Jakarta, SJP - Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Vivi Sisyani Jaffar saksikan prosesi Serah terima jabatan Panglima TNI dari Laksamana TNl Yudo Margono ke Jenderal TNl Agus Subiyanto di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu siang (22/11/2023).

Acara Sertijab di Mabes TNl ini, dilakukan usai Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI pada Rabu pagi (22/11/2023), di Istana Negara, Jakarta.

Sebelum jadi Panglima TNI, Jenderal Agus pernah duduki jabatan strategis di TNl AD diantaranya menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta (2009), Wakil Asops Divisi 2 Kostrad (2011), Asops Kasdam I/Bukit Barisan (2014).

Kemudian Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya (2017), Komandan Korem 132/Tadulako (2017), Wadanpussenif Kodiklatad (2019), Komandan Paspampres (2020), lalu naik pangkat menjadi Letjen dengan menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada tahun 2022 dan terakhir menjabat sebagai KSAD (2023).

"Program saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan Panglima TNI sebelumnya. Sesuai visi misi saya, TNI yang PRIMA, profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto saat jumpa pers selepas upacara Sertijab di Plaza Mabes TNI.

Jenderal Agus dilantik menjadi Panglima TNI berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 102/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia, ditetapkan di Jakarta pada 22 November 2023.

Sementara itu, Laksamana TNI Yudo Margono sekaligus pamit dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan diberikan oleh Presiden RI sejak dilantik sebagai Panglima tertanggal 19 Desember 2022 sampai purna tugas pada 22 November 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih dan pada seluruh jajaran TNI di mana pun bertugas, saya mohon pamit, dan saya menitipkan TNI tetap profesional, modern, dan tangguh,” kata Laksamana Yudo kepada awak media.

Dilanjutkan dengan penyerahan Panji TNI “Tri Dharma Eka Karma” dan penandatanganan naskah serah terima jabatan dari Laksamana TNI Yudo Margono kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Sedangkan Komandan Upacara (Danup) upacara Sertijab kali ini adalah Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan ynag dalam tugas jabatan keseharian adalah sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang.

Selain Kolonel Sandy, perwira upacara hadir lain ialah Kolonel Kalavaleri Jeffri Pramono, yang kini bertugas sebagai Asisten Operasi Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Di sekitar area upacara, jajaran alutsista TNI turut dipamerkan, diantaranya Meriam Howitzer TNI AL, kendaraan taktis Anoa Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Roket Mistral TNI AD, kendaraan taktis APC Turangga TNI AU, dan Oerlikon Skyshield.(**)

sumber: Dispen Puspenerbal Pusat

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow