Kemarau Panjang, Pemkab Malang Distribusikan Air ke Wilayah Jabung

Dampak kemarau panjang beberapa dusun di Kecamatan Jabung mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan memasak, mandi, cuci pakaian hingga memberi minum ternak.

11 Oct 2023 - 22:00
Kemarau Panjang, Pemkab Malang Distribusikan Air ke Wilayah Jabung
Pemkab Malang mulai distribusikan air bersih di kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Rabu 11/10/2023 .

Kabupaten Malang, SJP — Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Jawa Timur mulai terkena dampak musim kemarau atau kekeringan.

Pasalnya beberapa dusun di daerah tersebut mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan memasak, mandi, cuci pakaian hingga memberi minum ternak.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mulai mendistribusikan air bersih di Jabung khususnya Dusun Kunci dan Dusun Kemiri di mana letak daerah tersebut terletak di pinggiran lereng gunung.

Bupati Malang Drs H M Sanusi MM langsung meninjau pendistribusian air bersih di wilayah tersebut, Rabu (11/10/2023). 

Pendistribusian air bersih dilakukan dengan armada mobil truk tangki ke wilayah desa yang mengalami kekeringan, sehingga dengan bantuan air bersih tersebut masyarakat setempat tetap mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Warga antusias dengan hal itu karena memang mereka telah berjuang keras untuk mendapatkan air selama beberapa bulan terakhir. 

Kekeringan yang melanda, telah menjadi beban berat bagi mereka, terutama bagi anak-anak dan lansia yang paling rentan terhadap dampaknya.

Dalam peristiwa kali ini, bisa dikatakan masyarakat Dusun Gunung Kunci telah sepakat untuk menggunakan pelayanan air dari PDAM, karena dengan memanfaatkan pelayanan air PDAM ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi kekeringan yang selama ini di wilayah Kecamatan Jabung.

Hal selaras juga dikatakan Sanusi bahwa Desa Kemiri memang sudah ada sumur bor dan sudah mengalir, akan tetapi jika nanti masih ada kendala maka PDAM sudah siap untuk membantu.

 "Tahun ini akan diupayakan untuk dikerjakan dan dianggarkan pengadaan pipalisasi dan sambungan. Saya yakin solusi ini merupakan jalan yang terbaik untuk mengatasi kekeringan di Dusun Kunci Desa Jabung," ucapnya. (**)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow