Jelang Pesta Demokrasi 2024 Polres Malang Jaga Ketat Kantor KPU Kabupaten Malang

Pengamanan di sekitar Kantor KPU Kabupaten Malang menjadi langkah awal dari serangkaian upaya Polres Malang dalam memastikan keamanan dan ketertiban jelang tahapan Pemilu 2024.

02 Nov 2023 - 21:45
Jelang Pesta Demokrasi 2024 Polres Malang Jaga Ketat Kantor KPU Kabupaten Malang
Pengaman Kantor KPU Kabupaten Malang, Kamis 2/10/2023.

Kabupaten Malang, SJP — Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal beberapa bulan lagi. Namun demikian, bentuk persiapan sudah terlihat di beberapa bulan ini.

Seperti halnya apa yang telah Polres Malang kala melaksanakan penjagaan ketat di area Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban dalam tahapan Pemilu 2024 serta dalam rangka memastikan proses pemilihan berjalan dengan aman dan damai bagi seluruh pihak yang terlibat.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik, mengatakan bahwa langkah pengamanan ini dilakukan sebagai komitmen kepolisian Polres Malang yang bertujuan untuk menghindari gangguan dan potensi kerusuhan yang dapat mengganggu proses demokratis pemilihan umum.

"Ini adalah bagian dari tugas kami untuk memastikan bahwa seluruh tahapan Pemilu berjalan dengan lancar dan aman. Kami ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat, para peserta Pemilu, serta penyelenggara Pemilu di Kabupaten Malang," kata Taufik saat dikonfirmasi di Mako Polres Malang, Kamis (2/11/2023).

Selain penjagaan, lanjut Taufik, pengamanan dari kepolisian berada di sekitar Kantor KPU Kabupaten Malang. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi kerumunan atau tindakan yang dapat mengganggu proses Pemilu.

"Kami terus berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk TNI, Bawaslu, dan Dinas Keamanan Pemilu, guna memastikan semua pihak terlibat dalam pemilu, serta bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif," imbuhnya.

Tak hanya itu, Polres Malang juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam melaporkan setiap tindakan yang mencurigakan atau potensi pelanggaran pemilu.

Tentunya hal itu diupayakan untuk menekankan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilu. 

"Kami mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban. Laporkan jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan. Kita semua berperan dalam memastikan pemilu berjalan dengan baik," tandasnya.

Artinya dengan adanya pengamanan di sekitar Kantor KPU Kabupaten Malang menjadi langkah awal dari serangkaian upaya Polres Malang dalam memastikan keamanan dan ketertiban jelang tahapan Pemilu 2024. 

Untuk itu, semua pihak diharapkan dapat bekerja sama demi terciptanya pemilu yang adil, aman, dan demokratis, serta menghormati suara dan hak setiap warga negara. (*)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow