Jaringan Gusdurian Probolinggo Keluarkan Pernyataan Sikap, Isinya Tegas!

Kader Gus Dur di Probolinggo Klaim Dukung Prabowo. Aksi tersebut akhirnya berbuntut pada permohonan maaf.

03 Dec 2023 - 15:45
Jaringan Gusdurian Probolinggo Keluarkan Pernyataan Sikap, Isinya Tegas!
Kader Gus Dur di Kabupaten Probolinggo yang pada deklarasi mendukung Prabowo dan Gibran pada pilpres mendatang (istimewa)

Kabupaten Probolinggo, SJP - Jaringan Gusdurian Probolinggo sampaikan pernyataan sikap menyusul viralnya aksi deklarasi oknum yang mengaku kader Gus Dur di Kabupaten Probolinggo, yang beri dukungan pada Prabowo - Gibran. 

Sebab, pada deklarasi tersebut oknum tersebut menggunakan logo Jaringan Gusdurian yang selama ini tidak ada afiliasi dengan partai politik manapun, bahkan tidak ada unsur dukung mendukung dalam Pilpres. 

Bahkan, deklarasi tersebut membuat Alissa Wahid, putri Gus Dur tak terima jika dukungan tersebut membawa-bawa nama Gusdurian.

Alissa Wahid, dalam postingannya, menentang hal tersebut dan mencari tahu siapa orang-orang dalam foto tersebut.

Dalam unggahan Alissa, ia melampirkan bukti tangkapan layar foto orang-orang yang sedang mendeklarasikan mendukung Prabowo - Gibran.

Atas hal itu, Ahad (3/12/2023), jaringan Gusdurian Probolinggo mengeluarkan pernyataan sikap yang diantaranya berikut: 

  1. Jaringan GUSDURian tidak berpolitik praktis dan tidak terlibat dukung mendukung caleg atau calon presiden dan wakil presiden mana pun.

  2. Mengecam dengan tegas tindakan beberapa individu di Probolinggo yang mencatut logo GUSDURian untuk mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

    Kami menilai tindakan ini sebagai bentuk penyalahgunaan simbol yang kami miliki yang seharusnya digunakan dengan integritas untuk menyampaikan pesan yang sesuai dengan nilai dan semangat perjuangan Jaringan GUSDURian.
  3. Meminta kepada individu-individu yang terlibat dalam pencatutan logo Jaringan GUSDURian tersebut untuk melakukan klarifikasi kepada publik melalui media massa dan media sosial.

  4. Kami akan mengambil langkah hukum kepada siapa pun yang menggunakan logo Jaringan GUSDURian untuk kepentingan politik praktis dan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip serta nilai yang kami junjung.

  5. Kami mengajak semua pihak untuk mendukung proses politik dengan mengedepankan integritas dan kejujuran. Bersama-sama, mari kita wujudkan pemilu yang damai, jujur, adil, dan bermartabat.

Di sisi lain, Muhammad Ibnu Arrobbi, Ketua Pelaksana kegiatan Deklarasi yang dilaksanakan di Kraksaan Kabupaten Probolinggo pada 1 Desember 2023, klarifikasi soal deklarasi dukungan pasangan Prabowo - Gibran yang mengatasnamakan Gusdurian pada Sabtu 02 Desember 2023.

“Kami atas nama koordinator Jaringan Pecinta Gus Dur dengan ini menyatakan memohon maaf sebesar-besarnya kepada keluarga besar jaringan Gus Durian se- Indonesia khususnya Mbak Alissa Wahid,” ujar Robbi. 

Ia  juga tambahkan bahwa acara kemarin telah mencatut nama Gus Dur dan simbol Gus Durian dalam acara yang diselenggarakan pada sore kemarin pada tanggal 1 Desember 2023 yang bertempat di Probolinggo, yang membuat pihaknya menyesal. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow