Gareth Southgate Pastikan Jack Butland Jadi Kiper Timnas Inggris di Euro 2024

Terlepas dari kurangnya pengalaman internasionalnya baru-baru ini, Butland, berada di bangku cadangan sepanjang Piala Dunia 2018, terpantau Southgate ketika pelatih Inggris itu mencari solusi untuk kesulitan menjaga gawang The Three Lions

11 Feb 2024 - 11:00
Gareth Southgate Pastikan Jack Butland Jadi Kiper Timnas Inggris di Euro 2024
Jack Butland didapuk jadi salah satu kiper utama tim nasional Inggris di Euro 2024 (reuters/SJP)

London, SJP – Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate resmi konfirmasi kiper Rangers Jack Butland adalah salah satu nama di timnas jelang turnamen Euro 2024.

Hal ini karena pemain nomor satu Three Lions Jordan Pickford tak pernah turun di tim inti Everton sehingga Southgate menghadapi beberapa dilema dengan opsi cadangan.

Aaron Ramsdale dan Sam Johnstone sering kali menjadi pemain kedua setelah Pickford di kamp Inggris baru-baru ini, meskipun pasangan tersebut kini juga diturunkan menjadi nomor dua di klub mereka.

Meskipun mencatat 14 clean sheet di Premier League musim lalu, Ramsdale telah kehilangan tempatnya di tim Arsenal karena adanya David Raya. 

Sedangkan Johnstone belum pernah bermain untuk Crystal Palace di Premier League sejak Desember, sementara rekan senegaranya Dean Henderson menjaga gawangnya dalam beberapa minggu terakhir. .

Nick Pope dari Newcastle United, – kesulitan untuk masuk ke skuad Three Lions ketika sudah fit, juga sedang menjalani perawatan cedera bahu jangka panjang, meninggalkan Southgate dengan sedikit pilihan untuk memilih kiper Inggris yang bermain sepak bola reguler.

Namun, Butland yang berusia 30 tahun, bergabung dengan Rangers dengan status bebas transfer musim panas lalu, telah unggul di Liga Utama Skotlandia, hanya kebobolan 12 gol dalam 24 pertandingan dan mencatatkan 15 clean sheet yang luar biasa.

Butland telah mendapatkan sembilan caps senior di Inggris, tetapi mantan pemain Manchester United dan Stoke City itu terakhir kali dipanggil pada tahun 2019, dan sejak September 2018 ia tidak bermain untuk negaranya.

Terlepas dari kurangnya pengalaman internasionalnya baru-baru ini, Butland, berada di bangku cadangan sepanjang Piala Dunia 2018, terpantau Southgate ketika pelatih Inggris itu mencari solusi untuk kesulitan menjaga gawang The Three Lions.

"Jack Butland termasuk dalam daftar pemain timnas itu karena dia jelas bermain di klub besar dan merupakan kiper berpengalaman. Ini bukan situasi ideal karena Aaron tidak bermain, Sam saat ini tidak bermain, dan Nick cedera. Kita harus lihat bagaimana permainannya,” kata Southgate seperti yang dilansir dari The Mirror.

Butland baru berusia 19 tahun ketika ia dipanggil ke skuat Inggris untuk pertama kalinya, menjadi pemain cadangan saat kemenangan persahabatan 1-0 atas Belgia pada Juni 2012 di bawah asuhan Roy Hodgson.

Kemudian di Birmingham City, Butland dimasukkan dalam skuad Hodgson untuk Euro 2012 sebelum melakukan debutnya bersama Three Lions pada akhir tahun itu, bermain 45 menit dalam kemenangan persahabatan 2-1 atas Italia.

Inggris akan bersaing untuk mendapatkan tempat di babak sistem gugur Euro 2024 bersama Denmark, Slovenia dan Serbia di Grup C kompetisi kontinental. (**)

Sumber: The Mirror

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow