Diskominfo Kabupaten Malang Catat, Ada 10 Titik Blank Spot di Empat Kecamatan

10 titik yang masih blank spot tersebut berada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Gedangan, Bantur, dan Donomulyo.

18 Nov 2023 - 06:00
Diskominfo Kabupaten Malang Catat, Ada 10 Titik Blank Spot di Empat Kecamatan
Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ricky Meinardhy. (Ist).

Kabupaten Malang , SJP - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang mencatat, ada sebanyak 10 titik di empat kecamatan yang belum mendapat akses internet atau blank spot.

"Di Kabupaten Malang ada 10 titik di empat Kecamatan dari 33 Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang yang tidak bisa terjangkau jaringan internet," ucap Kepala Diskominfo Kabupaten Malang, Ricky Meinardhy, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (17/11/2023).

Ricky menjelaskan, sebenarnya 368 desa, 12 kelurahan di Kabupaten Malang sudah terjangkau Internet. Namun, ada beberapa dusun yang belum terjangkau internet.

"Dalam satu desa itu, ada dusun yang tidak ada jaringan internet, baik nirkabel ataupun fiber optik, dan dusun itu mayoritas ada di wilayah Malang Selatan," jelasnya.

Menurut Ricky, 10 titik yang masih blank spot tersebut berada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Gedangan, Bantur, dan Donomulyo.

"Jadi, di Sumawe itu ada lima titik, Gedangan dan Bantur masing-masing ada satu titik, dan Donomulyo itu ada tiga titik," terangnya.

"Selain 10 titik itu, beberapa tempat wisata juga ada yang belum terjangkau, dan ada yang sinyalnya kurang kuat, kadang ada kadang hilang, seperti di Pantai Ngliyep, Pantai Bajulmati, Pantai Balekambang, Pantai Ungapan, dan Pantai Banyumeneng," tambahnya.

Untuk itu, lanjut Ricky, Diskominfo saat ini tengah mengupayakan ketersedian jaringan internet di seluruh kawasan di Kabupaten Malang. Di antaranya dengan membangun Base Transceiver Station (BTS) atau stasiun pemancar untuk memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

"Pembangunan BTS itu bisa diajukan ke Kementerian Kominfo, tapi kami survei dulu kebutuhan jaringan nirkabel atau fiber optik (FO). Semoga Kabupaten Malang mendapat BTS yang dipasang di titik blank spot pada 2024 nanti," tegasnya. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow