Andaikata Pemilu 2024 Rusuh, Polres Madiun : Kami Siap

Simpamkota Pemilu ini merupakan wujud nyata komitmen Polri dalam memastikan keamanan selama proses pemilu. Polri bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Brimob, dan instansi pemerintah terkait, untuk memastikan bahwa proses pemilu berjalan aman dan tertib.

16 Oct 2023 - 16:15
Andaikata Pemilu 2024 Rusuh, Polres Madiun : Kami Siap
Simpamkota Polres Madiun digelar hari ini. Senin (16/10/2023)

Kabupaten Madiun, SJP - Tahapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 telah berjalan. Sejumlah pihak berupaya untuk mempersiapkan gelaran pesta demokrasi lima tahunan itu.

Mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga sistem pengamanan pemilu, mulai dari kepolisian, TNI dan satuan pengamanan terkait pelaksanaan pemilu.

Sebagai bentuk persiapan dan mengantisipasi ancaman kerusuhan saat pelaksanaan pemilu 2024 mendatang, jajaran Polres Madiun menggelar latihan Sispamkota Pemilu 2024.

"Kegiatan Sispamkota Pemilu ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam memastikan keamanan selama proses pemilu. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Brimob, dan instansi pemerintah terkait, untuk memastikan bahwa proses pemilu berjalan aman dan tertib,” ujar Kapolres AKBP Anton Prasetyo, Senin (16/10/2023).

Menurutnya, keamanan dan ketertiban selama proses pemilu sangat krusial, dan Polres Madiun siap untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Dalam Sispamkota Pemilu Tahun 2024 ini, juga melibatkan berbagai pihak, termasuk anggota Polres Madiun, TNI, Brimob, instansi pemerintah terkait, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun, dan perwakilan dari berbagai Partai Politik.

"KPU dan Bawaslu Kabupaten Madiun juga turut berperan penting dalam memastikan integritas dan transparansi pemilu. Perwakilan dari Partai Politik juga ikut serta dalam kegiatan ini untuk memantau proses persiapan pemilu dan memastikan bahwa pemilu berjalan dengan adil," lanjutnya.

Simpamkota Pemilu ini mencakup berbagai simulasi dan persiapan, termasuk penanganan potensi gangguan keamanan, pemantauan serta penanganan pelanggaran pemilu, serta persiapan administrasi yang diperlukan.

"Simulasi pengamanan pemilu ini melibatkan latihan pengamanan terhadap TPS, penanganan konflik potensial, serta pengendalian kerumunan massa. Kegiatan ini juga mencakup respons cepat terhadap situasi darurat dan penanganan berbagai permasalahan keamanan yang mungkin muncul selama proses Pemilu,” tambahnya.

Diharapkan, dalam rangka pelaksanaan pemilu mendatang, tercipta kerjasama yang baik dari semua pihak, guna menciptakan pemilu yang aman dan kondusif.

"Kami berharap kerjasama yang baik antara semua pihak dalam menjaga keamanan selama Pemilu 2024. Pemilu adalah momen penting bagi demokrasi kita, dan kita harus menjaga agar berlangsung secara damai dan aman,” pungkasnya. (**)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow