Warga Ijen Bondowoso Konsumsi Kentang dengan Madu, Ternyata Ini Manfaatnya

Warga Ijen Bondowoso sering menjadikan kentang sebagai sarapan yang dikonsumsi dengan madu asli. Selain rasanya nikmat, ternyata mengkonsumsi kentang memiliki berbagai manfaat, berikut penjelasannya.

29 Oct 2023 - 09:15
Warga Ijen Bondowoso Konsumsi Kentang dengan Madu, Ternyata Ini Manfaatnya
Kentang dan madu yang baik untuk dikonsumsi (foto : Rzq/SJP)

Kabupaten Bondowoso, SJP – Kentang yang mengandung karbohidrat, ternyata menjadi camilan bagi kebanyakan masyarakat Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, yang bertani kentang.

Mereka pada umumnya mengkonsumsi kentang yang ukurannya kecil, karena tidak masuk dalam kategori ukuran standar pabrikan dan tidak layak untuk dijual di pasaran.

Kentang ukuran mini ini, oleh masyarakat di Kecamatan Ijen, direbus atau dikukus sampai matang. Kemudian dikonsumsi dengan madu asli, madu hutan bahkan madu putih.

Cuaca yang dingin membuat warga disana kerap kali menjadikan kentang sebagai camilan di malam hari, karena dengan menkonsumsi kentang kukus dan madu bisa menghangatkan badan.

Warga yang mayoritas petani dan tenaga harian lepas di PTPN XII ini, juga menkonsumsi kentang untuk sarapan. Mereka juga membawanya sebagai bekal saat bekerja di kebun kopi milik PTPN XII.

Bahkan, saat ada acara kunjungan orang-orang penting, selalu ada suguhan kentang dengan madu yang dihidangkan bersama kukus pisang kepok, kacang dan kukus ubi jalar.

Bukan hanya menjadi camilan saja, dikutip dari berbagai sumber, ternyata mengkonsumsi kentang dengan madu ini memiliki banyak manfaat. Berikut penjelasannya :

1.     Baik untuk program diet

Kentang merupakan salah satu makanan lezat dan mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

Dalam kentang terkandung kalium yang bahkan lebih tinggi dari pisang, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi. 

Sehingga, tak salah jika banyak orang memanfaatkan kentang untuk diet.

2.    Menjaga metabolisme tubuh

Kentang yang dikukus dan dicampur dengan madu, bisa meningkatkan metabolisme tubuh seperti halnya fosfor. 

Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk banyak hal mulai dari menjaga penyerapan nutrisi, mencegah gangguan lambung dan fungsi kesehatan lainnya.

3.    Pengganti karbohidrat bagi penderita asam lambung

Kentang merupakan sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung karena mengandung karbohidrat kompleks.

Sehingga, dapat melancarkan saluran pencernaan, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan energi penderita asam lambung. 

Selain itu, kentang juga memiliki kandungan serat yang cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh.

4.    Membantu proses regenerasi sel dalam tubuh

Kentang rebus atau kukus, jika dikonsumsi setiap hari juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh karena kandungan proteinnya. 

Hal ini tentunya bisa membantu pencegahan berbagai macam gangguan kesehatan, juga dapat berkontribusi dalam kecantikan kulit.

5.    Membantu proses regenerasi sel dalam tubuh 

Kentang rebus jika dikonsumsi setiap hari juga dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh karena kandungan proteinnya. 

Hal ini tentunya bisa membantu pencegahan berbagai macam gangguan kesehatan, juga dapat berkontribusi dalam kecantikan kulit. (**)

Editor : Queen Ve
Sumber : Berbagai sumber

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow