Sumringah, Warga Desa Wonorejo Jember Terima Sertifikat Program PTSL

Penerima sertifikat, ptsl

21 Sep 2023 - 12:30
Sumringah, Warga Desa Wonorejo Jember Terima Sertifikat Program PTSL
Penyerahan Sertifikat PTSL di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong Jember (Foto : Ulum/SJP)

Kabupaten Jember, SJP- Program Pemerintah pusat tentang PTSL (Program Tanah Sistematis Lengkap) di Kabupaten Jember berjalan dengan baik. Tercatat 52.923 sertifikat di 49 desa di Kabupaten Jember telah diserahkan.

Menurut Choirul Ahmad petugas BPN yang menjabat sebagai Wakil Ketua Yuridis mengaku, jika Kabupaten Jember cukup luar biasa. Karena jumlah pemohon dan kuota yang sudah siap sangat banyak.

"Alhamdulillah, BPN tahun ini dapat jatah 52.923 sertifikat bagi masyarakat, dan semua akan terserap dengan baik oleh 49 desa," kata Choirul Ahmad Waka Yuridis, disela sela simbolis pemberian sertifikat pertama bagi warga Desa Wonorejo, Kamis (21/9/2023).

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga menjelaskan jika Kabupaten Jember sendiri ada penambahan Quota sertifikat bagi pemohon sebanyak 18 ribu.

"Selain kuota 52.923, Jember dapat tambahan dari pusat yaitu 18 ribu kuota lagi, dan ini cukup luar biasa demi masyarakat yang belum mempunyai sertifikat tanah," ungkapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, masyarakat Desa Wonorejo yang ikut program PTSL terlihat sumringah saat pembagian pertama 150 sertifikat yang sudah jadi.

"Alhamdulillah sertifikat saya sudah jadi, cuma bayar 350 ribu," ucap Masrumi Warga Dusun Krajan A sambil tersenyum.

Tidak hanya itu saja, keceriaan juga terlihat dari kelompok masyarakat (Pokmas) yang menangani pengajuan program pemerintah pusat tersebut.

Hal itu diungkapkan Vicky Dwi Vaulan Mirza sebagai koordinator pokmas juga menyampaikan jika sertifikat sudah jadi sekitar 150 orang.

"Total Desa Wonorejo ada 1.800 pemohon untuk saat ini yang sudah masuk. Untuk yang jadi sekarang awal yaitu 150 sertifikat, dan ini nanti berlanjut hingga semua jadi," jelasnya.

Dirinya mengungkapkan jika ada kemungkinan penambahan kuota pemohon.

"Kalau itu pasti, kita proyeksikan hal ini demi masyarakat Desa Wonorejo seluruhnya," jelasnya.

Perlu diketahui, untuk hari ini di wilayah Kecamatan Kencong ada dua desa yang menerima simbolis sertifikat PTSL, yaitu Desa Wonorejo dan Desa Paseban. (*)

Editor: Queen VeĀ 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow