Sehari, 7 Lahan Kosong di Kota Malang Dilahap Si Jago Merah

Berdasarkan data dari UPT Pemadam Kebakaran & BPBD Kota Malang, tercatat ada 7 lokasi di 4 kecamatan terjadi kebakaran lahan kosong kering.

08 Oct 2023 - 15:15
Sehari, 7 Lahan Kosong di Kota Malang Dilahap Si Jago Merah
Beberapa petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Malang saat melakukan pembasahan di lahan kering kosong, jalan Perumahan Cahaya Cempaka, Mojolangu, Lowokwaru.

Kota Malang, SJP - Hanya dalam sehari, 7 lokasi di wilayah Kota Malang dilanda peristiwa kebakaran, Ahad (08/10/2023).

Rinciannya, 4 berada di Kecamatan Lowokwaru, 1 lokasi di wilayah Kecamatan Blimbing, 1 di Kecamatan Kedungkandang, serta 1 tempat di Kecamatan Sukun.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang Agoes Soebekti mengatakan, 6 kejadian kebakaran tersebut dimulai pada pukul 11.55 WIB.

Saat itu, pihaknya mendapatkan laporan terjadinya kebakaran di bank sampah milik warga sekitar Jalan Kadaka, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru.

"Ada orang yang membakar sampah di lahan kosong dan cukup berdekatan dengan bank sampah. Karena angin saat itu kencang, akhirnya api langsung besar dan nyaris merembet ke permukiman warga," ujarnya.

Namun, api berhasil dijinakkan setelah menerjunkan 3 unit mobil pemadam. Setelah itu, pada pukul 12.30 WIB terjadi lagi kebakaran di sebuah lahan jalan Perumahan Cahaya Cempaka Blok A, Sudimoro, Kecamatan Lowokwaru.

Dari keterangan warga setempat, api bersumber dari pembakaran sampah dilokasi dan diperparah dengan material sampah hingga api menyebar ke beberapa titik.

"Kami pun langsung menerjunkan 3 unit mobil pemadam, dan Alhamdulillah api bisa dipadamkan dalam kurun waktu setengah jam," tutur Agoes.

Selang berikutnya, pukul 13.00 WIB kembali adanya laporan warga soal terjadinya kebakaran di lahan kosong jalan Teluk Erna, Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing.

"Lagi-lagi munculnya kebakaran di lokasi tersebut akibat pembakaran sampah dan ditambah dengan kondisi angin yang cukup kencang. Tapi, api dapat dipadamkan dengan menerjunkan 3 unit mobil pemadam," lanjut Agoes.

Pada pukul 17.00 WIB, 2 lahan kosong yang berada di jalan Taman Borobudur Utara, Kecamatan Blimbing, dan jalan Tutut, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, mengalami kebakaran.

Munculnya api tersebut diduga pembakaran sampah yang dilakukan oleh salah satu warga.

"Sekitar 4-5 mobil pemadam kami terjunkan dan api bisa dipadamkan selang 1-2 jam," tambah Agoes.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang Prayitno menambahkan, pukul 17.30 WIB 2 kejadian kebakaran lahan kosong juga terjadi di 2 tempat yang berbeda.

Yakni di jalan Pelabuhan Ketapang II, Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun, serta di Perumahan Graha Dewata, Joyoagung, Kecamatan Lowokwaru.

"Laporan dari warga api muncul dari sebuah pembakaran sampah yang menumpuk. Kami bersama 5 unit mobil pemadam terjun ke lokasi dan api bisa dijinakkan selang 1-2 jam kemudian," kata Prayitno.

Melihat kondisi itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah di lahan kosong yang kering dan api mudah menyebar secara luas. (*)

Editor : Queen Ve 

"Kami tetap menghimbau untuk berhati-hati, mengingat musim panas berkepanjangan dan kondisi angin cukup kencang. Sehingga, api cepat membesar," pungkas Prayitno.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow