Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Bidhumas Polda Jateng Harus di Garis Terdepan Pastikan Netralitas Hadapi Pemilu 2024

Dr. Aqua Dwipayana mendorong Bidang Humas Polda untuk menjalankan monitoring dan evaluasi pasca-Pemilu untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban. Menurutnya, peran Humas Polda dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) pada pelaksanaan Pemilu sangat penting untuk memastikan keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses politik yang vital dalam kehidupan bernegara.

07 Nov 2023 - 19:15
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Bidhumas Polda Jateng Harus di Garis Terdepan Pastikan Netralitas Hadapi Pemilu 2024
Humas Polda berperan penting dalam keamanan dan ketertiban masyarakat (SJP)

SEMARANG---Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) harus berada di garis depan untuk memastikan bahwa dalam menjalankan tugasnya tetap menjaga sikap netral dan tidak memihak kepada calon atau partai politik tertentu.

Hal tersebut dilakukan dengan terutama mendorong penyampaian informasi yang obyektif dan adil pada peliputan Pemilihan Umum (Pemilu).

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengatakan hal itu menjelang menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk  "Peran Humas dalam mendukung Harkamtibmas Pelaksanaan Pemilu" kepada sekitar 70 personel Bidang Humas di lingkungan Polda Jateng. Kegiatan digelar di Aula Lantai 2 Polda Jawa Tengah Jl. Pahlawan No. 1 Semarang, Selasa 7 November 2023 siang.

Dr Aqua Dwipayana selalu berupaya mengoptimalkan waktu di tengah agendanya yang padat untuk menjangkau kalangan yang luas saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai wilayah di Tanah Air.

Termasuk dalam keberadaannya di Kota Semarang, sepanjang Selasa 7 November 2023. Setelah memotivasi sebanyak 125 personel Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng pada pagi hari, siang harinya doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut dijadwalkan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran Bidang Humas Polda Jateng.

“Oleh karena itu, Bidang Humas Polda harus terus menggencarkan kampanye anti-propaganda dan hoaks. Memerangi penyebaran informasi palsu, propaganda, dan hoaks yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban selama Pemilu. Kemudian, memberikan klarifikasi dan informasi yang benar untuk menghindari ketidakpastian dan kepanikan,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang, baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini juga mendorong Bidang Humas Polda untuk menjalankan monitoring dan evaluasi pasca-Pemilu.

“Artinya, melakukan pemantauan selama Pemilu untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban. Setelah Pemilu, melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi apa yang telah berjalan dengan baik dan di mana perbaikan diperlukan dalam upaya menjaga Harkantibmas,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Dr Aqua Dwipayana menjelaskan peran Humas Polda dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) pada pelaksanaan Pemilu sangat penting untuk memastikan keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses politik yang vital dalam kehidupan bernegara.

Bidang Humas Polda berperan dalam penyebarluasan informasi dan pendidikan bagi publik.

Utamanya menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat mengenai peran dan tugas Polda  dalam menjaga keamanan selama pemilu.

Juga, melakukan kampanye pendidikan pemilih untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu serta mengedukasi mereka mengenai prosedur pemungutan suara dan aturan pemilu.

Humas Polda juga harus dapat berkolaborasi dengan penyelenggara pemilu, instansi pemerintah, dan lembaga terkait ainnya untuk menjaga koordinasi yang baik dalam menjaga kamtibmas selama pemilu. “Kemudian, memfasilitasi pertemuan dan dialog antara pemangku kepentingan terkait pemilu untuk mencegah konflik dan mempromosikan kolaborasi,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang studi S1, S2, dan S3 linier di bidang Komunikasi ini melanjutkan Bidang Humas juga  berperan dalam mengelola hubungan dengan media massa untuk memastikan pemberitaan pemilu yang objektif dan akurat.

Menggunakan platform komunikasi sosial untuk menyampaikan informasi tentang keamanan dan ketertiban selama pemilu serta memberikan pemahaman tentang tugas Polda.

“Yang tak kalah penting dalam mengelola komunikasi darurat dalam situasi krisis atau insiden selama pemilu untuk memberikan informasi yang penting dan berkelanjutan kepada masyarakat. Menyampaikan instruksi dan tindakan yang harus diambil oleh masyarakat dalam situasi darurat,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Sekilas Bidang Humas Polda Jateng
Bidang Humas Polda Jateng  mengadakan layanan pengelolaan informasi publik kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi dan pelaksanaan UndangUndang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pelayanan informasi berupa kegiatan pelayanan kepada pemohon informasi publik.

Pelayanan informasi tersebut berupa kegiatan pelayanan kepada pemohon informasi dalam bentuk penerimaan permohonan, pencatatan, dan pemberian informasi kepada masyarakat. Di mana untuk mendukung sistim pelayanan informasi tersebut Bidang Humas menggunakan jaringan intranet Polri dan website.

Selain itu telah ditunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada setiap satuan kerja di Polda Jateng dan untuk di satuan wilayah, melekat pada Kasubbaghumas sedangkan di tingkat Polsek pada Kasihumas.

Dalam pelaksanaan pekerjaannya, bertugas melaksanakan kegiatan Humas melalui pengelolaan dan penyampaian pemberitaan atau informasi dan dokumentasi serta kerja sama dan kemitraan dengan media massa, serta melaksanakan analisa dan evaluasi kegiatan tugas Bidang Humas.

Di samping melaksanakan tugas, Bidang Humas menyelenggarakan fungsi :

·        Pembinaan terhadap kegiatan Bidang Humas yang dilaksanakan di lingkungan Polda;

·        Penerangan umum dan satuan yang meliputi pengelolaan dan penyampaian informasi serta kerja sama dan kemitraan dengan media massa berikut komponennya;

·        Pengumpulan dan pengolahan data, serta penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan yang berkaitan dengan penyampaian berita di lingkungan Polda;

·        Peliputan, pemantauan, produksi, dan dokumentasi informasi yang berkaitan dengan tugas Polri;

·        Perencanaan dan pengadministrasian umum, penatausahaan urusan dalam, dan pengurusan personel dan logistik di lingkungan Bidang Humas.

Visi
Terwujudnya Postur Humas Polri yang profesional, bermoral dan modern dibidang kehumasan guna membangun objektivitas, kepercayaan dan partisipasi masyarakat.

Misi
·        Membangun kemampuan kehumasan personil Polri dengan baik SDM, Sarpras, Sismet, anggaran menuju Front Office Polri.

·        Menjalin kerja sama dengan komponen masyarakat dan pelaku komunikasi.

·        Mencari, menghimpun, mengolah, mendistribusikan, menyimpan informasi dan data secara menyeluruh, cepat, tepat dan akurat melalui jaringan terbuka dan mudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjalin komunikasi dua arah.

·        Mendukung kegiatan Kepolisian dan operasi Kepolisian.

·        Kesiapan Polri atas kewajiban memberikan pelayanan informasi publik yang sudah diberlakukannya UU KIP, sehingga realisasi Humas Polri sebagai Front Office perlu segera diwujudkan. Karena itu diperlukan dukungan Sumber Daya Manusia, sarana prasaran berbasis teknologi informasi, sistem dan metoda serta anggaran yang memadai.

Pimpinan: Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, SIK, MSi (Kabid Humas Polda Jateng)

Nilai-nilai
·        Kebersamaan dan Kekeluargaan.

·        Semangat Kerja yang tinggi.

·        Semua Personel Polri adalah Pengemban Fungsi Kehumasan.

·        Agar peka terhadap situasi dan kondisi.*

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow