Liverpool Juarai Piala EFL untuk Ke 30 Kali

Go; Virgil van Dijk bawa kemenangan Liverpool yang tengah krisis pemain karena cedera

26 Feb 2024 - 06:30
Liverpool Juarai Piala EFL untuk Ke 30 Kali
Liverpool sukses ulang kemenangan di Final EFL Cup 2022 (reuters/SJP)

London. SJP - Virgil van Dijk mencetak gol kemenangan pada menit ke-118 saat Liverpool mencatatkan kemenangan 1-0 atas Chelsea untuk menjuarai Piala EFL 2024 di Stadion Wembley, Minggu (25/2) malam.

Pertandingan saat itu diprediksi berakhir dengan adu penalti, namun Van Dijk berhasil mencetak gol penentu kemenangan bagi raksasa Merseyside, yang kini telah menjuarai kompetisi tersebut sebanyak 10 kali.

Chelsea berusaha memenangkan Piala Liga keenam, namun The Blues akhirnya gagal di ibu kota, karena mereka gagal memanfaatkan masalah cedera yang dialami Liverpool.

Mohamed Salah dan Darwin Nunez masih cedera, sehingga Harvey Elliott dan Cody Gakpo mendapatkan tempat di sepertiga akhir lapangan di Wembley.

Diogo Jota, Trent Alexander-Arnold, Alisson Becker dan Dominik Szoboszlai juga absen untuk The Reds, namun tidak ada kejutan nyata di Chelsea XI, dengan Nicolas Jackson dipilih untuk memimpin lini depan, dan Raheem Sterling dan Cole Palmer berada di lapangan tengah.

Awal yang menegangkan membuat kedua tim memiliki momen menyerang yang positif, namun tembakan pertama di pertandingan baru tiba pada menit ke-14, dengan upaya Alexis Mac Allister yang berhasil digagalkan oleh Djordje Petrovic, sebelum kiper Chelsea tersebut melakukan penyelamatan yang lebih baik lagi untuk menggagalkan tendangan Luis Diaz.

Chelsea mempunyai peluang emas untuk memimpin pada menit ke-21 ketika bola dibobol Palmer di dalam kotak penalti Liverpool, namun tendangan jarak dekat sang penyerang berhasil diselamatkan dengan gemilang oleh Caoimhin Kelleher.

Ryan Gravenberch ditandu keluar lapangan pada menit ke-27 pertandingan menyusul tekel buruk dari Moises Caicedo, yang bangkitkan amarah pelatih Liverpool Jurgen Klopp.

Terobosan tampaknya terjadi pada menit ke-60, dengan Van Dijk menyundul umpan brilian dari Robertson ke sudut bawah setelah menahan tantangan Ben Chilwell.

Namun, ada tinjauan VAR yang panjang untuk offside, dan Endo, yang berada dalam posisi offside, diputuskan telah memblokir Levi Colwill selama set piece, yang menyebabkan gol tersebut dianulir.

Elliott memiliki peluang emas untuk memenangkannya bagi Liverpool lima menit menjelang pertandingan usai, namun tendangan jarak dekat sang gelandang berhasil digagalkan oleh Petrovic, dan pertandingan masih berjalan tanpa gol.

Kemenangan 1-0 itu harus dibayar mahal karena satu lagi pemain inti Liverpool didera cedera.(**)

Sumber: berbagai sumber

Editor:Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow