Kunyah, Keripik Daun Singkong Renyah Kaya Manfaat

Daun singkong ini, bisa disulap menjadi camilan sehat yang mempunyai nilai ekonomis.

22 Nov 2023 - 14:00
Kunyah, Keripik Daun Singkong Renyah Kaya Manfaat
Kunyah, keripik daun singkong renyah, produksi PPK Ormawa Hima Gizi FKM Unej. Selain gurih, ternyata memiliki banyak manfaat. (Foto : Rizqi/SJP)

Kabupaten Bondowoso, SJP - Terkenal sebagai Kota Tape, tentunya Kabupaten Bondowoso juga menjadi sentra singkong, yang notabene adalah bahan utama untuk membuat tape manis asli Bumi Ki Ronggo.

Namun, perlu diketahui, singkong ternyata tidak hanya diolah untuk bahan baku tape saja. Daunnya pun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, jika dikelola dan dimanfaatkan dengan benar.

Daun singkong ini, bisa disulap menjadi camilan sehat yang mempunyai nilai ekonomis. Ide kreatif dan produktif ini dilakukan oleh PPK Ormawa Hima Gizi FKM Unej.

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) ini, tengah melakukan pendampingan penurunan angka stunting Desa Tangsil Kulon Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso.

Ketua PPK Ormawa, Nabila Anisa menerangkan, saat ini pihaknya telah memproduksi 'Kunyah' (keripik daun singkong renyah). Camilan berbahan dasar daun singkong ini sangat mudah membuatnya.

"Keripik ini berbahan dasar daun singkong yang dicampur dengan tepung, udang, bawang dan telur. Selain gurih, camilan ini juga menyehatkan," katanya, Rabu (22/11/2023), di Kecamatan Tenggarang dalam acara monitoring stunting.

Keripik daun singkong ini dijual Rp 7 ribu per bungkusnya. Bahkan, saat ini produk ini akan menyasar pasar modern, dan mulai dipromosikan melalui media sosial.

“Kami sudah urus BPOM dan persyaratan lainnya, agar Kunyah ini bisa masuk dan dipasarkan di pasar modern. Untuk saat ini, kami masih mempromosikannya lewat Instagram,” tukasnya.

Selain gurih, daun singkong ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Daun ini memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat, asam amino esensial, zat besi, serta vitamin A dan B1.

Daun singkong ternyata memiliki kandungan senyawa isoflavon yang tinggi, yang dapat menurunkan risiko penyakit stroke.

Berikut adalah segudang manfaat daun singkong untuk kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Memelihara kesehatan mata
  2. Mengatasi cacingan
  3. Meredakan rematik
  4. Meredakan nyeri sendi
  5. Membantu mengobati stroke
  6. Mengatasi sakit kepala
  7. Mengobati diare
  8. Menyembuhkan luka
  9. Cegah kanker
  10. Menambah darah dan mengatasi anemia (*)

Editor : Trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow