KPU Bondowoso Mulai Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten

Format rekapitulasi tingkat kabupaten ini, sama seperti di tingkat kecamatan yang akan menentukan jumlah suara perolehan Pilpres, DPD , DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD.

26 Feb 2024 - 18:30
KPU Bondowoso Mulai Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten
Ketua KPU Bondowoso saat memberikan laporan kegiatan rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, tingkat kabupaten, di Ballroom Hotel Ijen View (Foto : Rzq/SJP)

Kabupaten Bondowoso, SJP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, tingkat kabupaten.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto dan dihadiri oleh Forkopimda, di Ballroom Hotel Ijen View, pada Senin (26/2/2024).

Ketua Komisioner KPU, Juanedi, di hadapan seluruh PPK se Kabupaten Bondowoso, memberikan apresiasi kepada semua penyelenggara Pemilu yang telah melaksanakan tugasnya, sehingga Pemilu berjalan lancar dan kondusif.

Kegiatan ini, katanya, dimulai dari penghitungan perolehan suara dari Pilpres dan Pileg pada Pemilu 2024. Direncanakan kegiatan ini berlangsung dari tanggal 26-28 Februari 2024.

"Kalau model penghitungannya sama dengan saat penghitungan tingkat kecamatan. Kami juga undang semua PPK, Bawaslu dan perwakilan partai politik," kata Junaedi.

Untuk penghitungan di wilayah yang masih ada sengketa dan saat ini laporannya tengah ditangani oleh Bawaslu, untuk sementara akan direkap di waktu akhir.

"Artinya kita dahulukan kecamatan yang tidak bermasalah. Sedangkan yang masih ada dugaan pelanggaran, kita tinggalkan dan kita rekap belakangan," tukasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto saat membuka acara memberikan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam pelaksanaan, pengawasan dan pengamanan Pemilu 2024.

"Kami berterima kasih kepada TNI-Polri yang totalitas mengamankan jalannya Pemilu di Bondowoso yang berlangsung lancar dan kondusif. Begitu juga semua penyelenggara Pemilu, baik KPU dan Bawaslu," ucapnya.

Bambang Soekwanto juga tidak memungkiri jika ada sengketa atau dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Namun, dirinya berharap segera diselesaikan sesuai aturan.

"Kita harus menghargai kinerja KPU dan Bawaslu. Jika ada pelanggaran bisa segera melaporkan sesuai regulasinya," ujarnya.

Selain itu, Bambang juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terhasut dengan berita dan isu negatif, pasca pelaksanaan Pemilu 2024.

"Tetap hargai kinerja KPU dan pengawasan dari Bawaslu. Masyarakat juga harus legawa menerima hasil pelaksanaan Pemilu. Jaga persatuan dan kesatuan," pungkasnya. (*)

Editor : Tri Sukma 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow