Kementerian ATR/BPN Serahkan Sertifikat Redistribusi ke Desa Sumber Brantas

Sertifikat yang telah diterima oleh masyarakat memiliki urgensi yang tinggi, karena dengan sertifikat tersebut masyarakat memiliki kepastian hukum hak atas tanah

23 Nov 2023 - 20:30
Kementerian ATR/BPN Serahkan Sertifikat Redistribusi ke Desa Sumber Brantas
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga (SJP)

Kota Batu, SJP - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto pada Kamis (23/11/2023) membagikan sertifikat redistribusi tanah pada puluhan warga Desa Sumber Brantas.

Penyerahan yang dilakukan dari rumah ke rumah, membuat masyarakat yang menerima tersenyum bahagia karena menerima langsung dari pejabat publik.

"Sertifikat dari hasil kerjasama dengan kementerian KLHK ini kami harapkan bisa memberikan rasa aman kepada warga itu sendiri. Karena hak milik atas tanah telah terdaftar di kantor pertanahan secara legal baik dari letak, luas, hingga batas," ujarnya.

Menurutnya, sertifikat yang telah diterima oleh masyarakat memiliki urgensi yang tinggi, karena dengan sertifikat tersebut, masyarakat memiliki kepastian hukum hak atas tanah. Sehingga ia menginginkan masyarakat bisa merasa sejahtera melalui program reforma agraria tersebut. 

Komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak terus dilakukan karena masih banyak lokasi-lokasi khususnya di Jawa, masih harus diredistribusikan sesuai dengan SK Biru yang sudah dikeluarkan.

Mengingat dari program PSN pemerintah sudah merencanakan melepas 4,1 juta hektar kawasan hutan diberikan kepada masyarakat. Program tersebut juga tercatat telah mencapai sekarang sudah 8,7 persen dari target dan pihaknya berkomitmen akan memacunya agar masyarakat bisa mendapat hak atas tanah.

"Semoga sertifikat bisa dijaga dengan baik, terlebih jika ada ide usaha sertifikat bisa digunakan untuk mencari modal membuka usaha, misalnya UMKM dan lainnya demi meningkatkan kesejahteraan hidup. Tapi semua terserah para pemilik, bila ada ide bisa buat agunan modal memulai suatu usaha. Apalagi kondisi di sini cukup bagus, akses jalan dan lingkungan mendukung," tandasnya.

Perlu diketahui, Menteri ATR/BPN selain menyerahkan 30 sertifikat, Menteri ATR/Kepala BPN juga menyerahkan sertifikat rumah ibadah berupa Pura di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, yang memiliki luas 7.887 meter persegi. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow