Hadiri Peresmian 10 MPP, Ini Rencana Pj Bupati Bondowoso

MPP sendiri adalah konsep pelayanan publik terintegrasi di mana pada satu tempat melayani ratusan izin/dokumen yang dibutuhkan warga serta dunia usaha.

31 Oct 2023 - 18:05
Hadiri Peresmian 10 MPP, Ini Rencana Pj Bupati Bondowoso
Foto bersama Menteri PANRB bersama Pj Bupati Bondowoso dan beberapa kepala daerah yang diundang dalam peresmian 10 MPP di Jakarta. (Foto : Prokopim)

Kabupaten Bondowoso, SJP - Hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, dalam mengurusi semua perizinan dan dokumen.

Oleh karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan 10 MPP yang berlangsung di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Pj Bupati Bondowoso, Drs Bambang Soekwanto, MM bersama beberapa kepala daerah lainnya. 

MPP sendiri adalah konsep pelayanan publik terintegrasi di mana pada satu tempat melayani ratusan izin/dokumen yang dibutuhkan warga serta dunia usaha.

Anas mengatakan, saat ini porsi MPP semakin merata antara kota/kabupaten besar di Pulau Jawa dan luar Jawa. Sekarang sudah 50 persen di Jawa dan 50 persen di luar Jawa. 

“Kualitas pelayanan publik semakin merata, sudah Indonesia-sentris, artinya pelayanan yang baik tidak hanya kita jumpai di Jawa, tapi juga di banyak daerah di luar Jawa,” papar Anas.

Anas menjelaskan, pengembangan MPP harus terus diakselerasi, beriringan dengan kehadiran MPP Digital. 

“Layanan langsung berbasis fisik, direct services, tetap diperlukan karena belum semua bisa menempuh layanan digital,” ujarnya.

Untuk mempercepat pengembangan MPP, Anas menambahkan, kini Kementerian PANRB telah melakukan transformasi regulasi. Di antaranya MPP tidak harus berada di gedung baru, dan tidak mewajibkan luasan minimal.

Selanjutnya Menpan-RB berharap kepada seluruh Kepala Daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mempercepat keberadaan MPP guna memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

“Kehadiran MPP di tengah masyarakat diharapkan mampu memberikan keterjangkauan akses dalam pelayanan publik dan juga mendorong kemudahan dalam aktivitas berusaha di daerah,” pesannya.

sementara itu, Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto yang turut hadir pada acara peresmian tersebut mengungkapkan rencananya untuk segera menindaklanjuti harapan Menpan-RB dan segera menyediakan MPP bagi masyarakat Bondowoso.

“Ini (keberadaan MPP) sangat penting demi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Bondowoso, kita harus segera sediakan.” ungkap PJ Bupati. (Adv)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow