Dishub Kota Surabaya Optimalkan Shuttle Bus Antar Jemput Penonton Piala Dunia U-17 Mulai Pukul 12.00 Wib

10 November 2023, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyediakan antar jemput penonton lewat operasional Shuttle Bus. yang mulai beroperasional mulai pukul 12.00 -17.00 WIB di enam titik pemberhentian

10 Nov 2023 - 06:30
Dishub Kota Surabaya Optimalkan Shuttle Bus Antar Jemput Penonton Piala Dunia U-17 Mulai Pukul 12.00 Wib
Shuttle bus Balai Kota Surabaya siap antar jemput penonton pertandingan piala dunia U-17 di stadion GBT Surabaya.Foto:Jefri Yulianto/SJP

Surabaya, SJP - Tepat pada 10 November 2023, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya memulai antar jemput penonton yang ingin menyaksikan pembukaan gelar piala dunia U-17 lewat operasional Shuttle Bus dengan pemberangkatan armada mulai pukul 12.00 -17.00 WIB. 

Armada disiapkan akan disebar di enam titik pemberhentian seperti Balai Kota Surabaya, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ)-Wonokromo, Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Terminal Benowo, tempat pengujian kendaraan bermotor Tandes, dan Ciputra World Mall Surabaya.

Ketua tim angkutan jalan dan terminal Dishub Kota Surabaya, Ali Mustofa menjelaskan terkait kesiapan petugas pada operasional shuttle bus dimulai pukul 12.00 WIB sampai 17.00 Wib (antar) dan 21.00 WIB malam (jemput) selama 4 hari selama masa pertandingan di stadion GBT.

Mekanismenya nanti, kata Ali, tersedia waktu tunggu sekitar 30 menit di lokasi penjemputan yang berdekatan venue GBT atau di lokasi titik yang sudah ditentukan dengan rute armada untuk keberangkatan dan penjemputan.

"Fasilitas shuttle bus ini gratis untuk penonton selama Piala Dunia U-17 bagi para pemegang tiket.
Karena penonton dilarang membawa kendaraan roda empat dan roda dua (pribadi), tidak boleh masuk area stadion mengikuti aturan FIFA. Jadi parkirnya bisanya di luar stadion yang sudah dikordinasikan," ujarnya, Kamis (9/11/2023).

Ali menambahkan, dari konfirmasi kurang lebih ketersediaan armadanya 110 unit ditambah 6 unit dari Bus Trans Jatim sebagai cadangan fiks, kapasitasnya 60 penumpang maksimal, total 116 unit armada bus besar, bus sedang (kapasitas 25 penumpang) dan Hi-Ace (kapasitas 14 penumpang).

Sejauh ini, estimasi diterima pihak Dishub dari jumlah tiket sekira 10 ribu terjual. Untuk itu, kebutuhan kapasitas penumpang apabila terjadi lonjakan diarahkan melalui shuttle bus yang disediakan.

"Itu semua masih estimasi dan melihat situasional kondisi lapangan yang terjadi. Biasanya, prediksi kami pada pukul 15.00 wib penonton akan mulai bergerak menuju GBT dan itu kami siagakan semua dengan kesiapan petugas dan armada di rute-rute tersedia besok," terangnya.

Untuk diketahui, Shuttle bus sudah menggunakan armada bus yang modern dilengkapi AC (pendingin) bagi penumpang dan memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 50 kursi dan ada juga tempat untuk para penumpang berdiri, sehingga bus ini bisa menampung sekitar 60-70 penumpang tetap nyaman selama perjalanan.

Seperti yang sudah diketahui, Surabaya menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dipilih menjadi venue penyelenggaraan semua pertandingan grup A, di mana Timnas Indonesia turut bertanding.

Sebagai tambahn berikut Jadwal Tim Sepak Bola Piala Dunia U-17 berlaga di pertandingan Group A di Stadion GBT;

Jumat 10 November 2023:
Indonesia Vs Ekuador
Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur Pukul 19.00 WIB.

Senin, 13 November 2023:
Indonesia Vs Panama
Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Pukul 19.00 WIB.

Kamis, 16 November 2023:
Maroko Vs Indonesia
Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Pukul 19.00 WIB. (*)


Pewarta: Jefri Yulianto

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow