Coban Lanang Wanawisata Baru di Tengah Kota Batu

Coban Lanang usung tema menghutankan lagi kawasan sekitar serta menepis pemikiran apabila area persawahan yang dibuat tempat wisata akan merusak area persawahan

25 Nov 2023 - 12:45
Coban Lanang Wanawisata Baru di Tengah Kota Batu
Wana Wisata Alam Coban Lanang (SJP)

Kota Batu, SJP - Coban Lanang kini jadi destinasi wisata baru yang mulai dilirik oleh beberapa wisatawan yang bertandang di Kota Batu. 

Wisata alam ini juga menjadi salah satu destinasi pilihan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Mukhlas Rofiq, pengelola wisata Coban Lanang, katakan memang belum banyak yang tahu tentang keberadaan tempat yang sajikan keindahan alam tersebut.

"Bahkan warga setempat juga belum banyak tahu, ini menunjukkan bahwa tempatnya masih sejuk dan jarang dijamah karena dulunya lokasi ini adalah area sawah. Kemudian ada sungai, lalu ada kemiringan dan akhirnya terbentuk air terjun," ungkapnya Sabtu (25/11/2023)

Dari hal itulah pria yang juga jabat sebagai Direktur Bumdes Stroberi Pandanrejo melihat potensi untuk dijadikan wisata air terjun.

Sehingga keberadaan Coban Lanang ini digadang-gadang bisa membawa sensasi kesejukan ditengah hiruk pikuk suasana kota.

Lebih lanjut, coban lanang sendiri juga usung tema menghutankan lagi kawasan sekitar serta menepis pemikiran apabila area persawahan yang dibuat tempat wisata akan merusak area persawahan.

"Maka dari itu, saya balik. Sebelum jadi sawah dulunya pasti kawasan hutan. Maka dari itu sekarang kami hutankan lagi," imbuhnya.

Air terjun itu dikatakan telah dikerjakan sejak 2 Februari 2022 lalu, kmudian proses pengembangan air terjun tahap pertama rampung pada akhir 2022. 

"Alhamdulillah kunjungan mulai luar biasa. Terutama saat Weekend wisatawan sangat banyak yang datang. Kami sampai menolak pengunjung. Karena kami batasi hanya 300 pengunjung yang bisa masuk karena selain wisatawan lokal, juga banyak bule yang datang ke Coban Lanang. Ini diluar ekspektasi kami. Wisatawan mancanegara banyak berdatangan sejak akhir tahun lalu," paparnya.

Ia juga menegaskan untuk tiket ketika memasuki weekend dan long weekend dibanderol Rp. 15 ribu sedangkan untuk weekday sibanderol Rp. 10 ribu. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow