Begini Cara Disparta Kota Batu Perluas Promosi Parekraf dan UMKM

Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #3 seluruhnya dipersembahkan untuk dan oleh masyarakat.

16 Nov 2023 - 22:30
Begini Cara Disparta Kota Batu Perluas Promosi Parekraf dan UMKM
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai (Tengah) saat membuka Expo Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif #3. (SJP).

Kota Batu, SJP - Upaya Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata Kota Batu dalam memperluas Promosi Parekraf dan UMKM Kota Batu digencar semakin masif.

Hal ini direalisasikan dengan digelarnya Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #3 di kawasan Balai Kota Among Tani Batu, hingga empat hari kedepan mulai tanggal 16-19 November 2023.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menegaskan, Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #3 seluruhnya dipersembahkan untuk dan oleh masyarakat.

"Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #3 ini merupakan bagian untuk meningkatkan ekonomi untuk masyarakat. Tanpa regulator dari pemerintah perekonomian tidak akan tumbuh. Terlebih 3 tahun lalu Pandemi Covid-19 memukul beberapa sektor utama di Kota Batu seperti sektor pariwisata dan UMKM," ujarnya.

Terlebih, Kota Batu berhasil jadi daerah dengan angka kemiskinan terendah di Jatim pada angka 3,31 persen. Angka tersebut turun sebesar 0,48 persen dari tahun 2022 lalu yang saat itu angka kemiskinan di Kota Batu sebesar 3,79 persen.

Begitu juga untuk angka pengangguran di Kota Batu juga sama turun drastis dibanding tahun sebelumnya di angka 3,91 persen dari tahun 2022 sedangkan saat itu angka kemiskinan di Kota Batu mencapai 8,43 persen. 

"Untuk itu acara ini, diharapkan menjadi bagian ikhtiar Pemkot menggeliatkan sektor pariwisata dan UMKM. Serta melalui kegiatan ini kami ingin menambah semangat agar target 10 juta kunjungan wisatawan bisa tercapai tahun ini," ujarnya.

"Apalagi dengan banyaknya kunjungan ke Kota Wisata Batu yang diuntungkan adalah masyarakat. Di mana ekonomi jalan, pengangguran menurun dengan terserapnya tenaga kerja, masyarakatnya maju dan kemiskinan semakin berkurang," terangnya menambahkan. 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq menambahkan bahwa Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif #3 merupakan event yang ke 33 dari rangkaian Hari Jadi ke 22 Kota Batu dari total 40 event. Bagi Disparta Kota Batu, ini merupakan kegiatan ke 44 dari total 62 event yang masuk dalam kalender pariwisata tahun 2023.

"Diharapkan expo ini mampu meningkatkan serta memperluas promosi, pemasaran dan mengangkat produk parekraf dan UMKM untuk menarik wisatawan ke Kota Batu. Terpenting event bagian dari upaya Pemkot Batu untuk bangga menggunakan produk indonesia dan bangga berwisata di Indonesia," tandasnya. (**)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow