Bayer Leverkusen Pastikan Raih Juara Bundesliga 2023-24

Menang lima gol atas Werder Bremen, Bayer Leverkusen mantap di posisi puncak dengan poin 79, selisih 16 poin dengan Bayern Munich di peringkat kedua dengan lima pertandingan tersisa.

15 Apr 2024 - 00:30
Bayer Leverkusen Pastikan Raih Juara Bundesliga 2023-24
Bayer Leverkusen pastikan raih juara Bundesliga 2023-24 (reuters/SJP)

Leverkusen, SJP - Bayer Leverkusen amankan gelar Bundesliga untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka berkat kemenangan 5-0 atas Werder Bremen pada Senin (15/4) dini hari.

Pasukan Xabi Alonso memasuki pertandingan melawan Bremen dengan tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi, termasuk kemenangan 2-0 di leg pertama perempat final Liga Eropa melawan West Ham United pada hari Kamis.

Sementara itu, Leverkusen telah membukukan sembilan kemenangan liga berturut-turut menjelang pertandingan tersebut, dengan kehilangan poin terakhir mereka terjadi saat bermain imbang tanpa gol dengan Borussia Monchengladbach pada 27 Januari.

Tim ini berkesempatan raih dua piala lagi, karena raksasa Jerman itu akan hadapi Kaiserslautern di final DFB Pokal pada akhir bulan depan, sementara mereka berada dalam posisi kuat untuk melaju ke empat besar Liga Eropa.

Leverkusen telah memenangkan gelar Bundesliga dengan lima pertandingan tersisa, yang memungkinkan pelatih kepala Alonso untuk mengistirahatkan pemain-pemain kuncinya karena tim ini masih harus bertanding di berbagai kejuaraan Eropa.

Tim Hitam dan Merah sebelumnya telah menjadi runner-up Bundesliga pada lima kesempatan sebelumnya, dengan finis kedua terakhir mereka terjadi pada musim 2010-11.

Leverkusen finis di posisi kelima, keempat, kelima, keenam, ketiga dan keenam dalam enam musim terakhir mereka di kasta tertinggi Jerman, namun mereka kini telah mengamankan hadiah terbesar yang ditawarkan dengan cara yang mengesankan.

Tahun ini juga tandai akhir dominasi Bayern Munich yang terakhir kali gagal memenangkan gelar Bundesliga pada 2011-12 ketika Borussia Dortmund mengangkat trofi tersebut.

Saat ini, tim asuhan Thomas Tuchel tersebut bersaing ketat dengan Stuttgart untuk memperebutkan posisi kedua.

Leverkusen unggul setelah gol penalti di menit 25 melalui kaki Victor Boniface setelah Jonas Hofmann dilanggar oleh Julian Malatini.

Leverkusen menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-60 berkat tendangan Granit Xhaka dari jarak 22 meter, sebelum Florian Wirtz mencetak gol ketiga delapan menit kemudian dengan tendangan ciamik.

Wirtz mencetak gol keduanya untuk menjadikan skor menjadi 4-0 pada menit ke-83. penyerang menyelesaikan hat-tricknya di menit 90 untuk menutup a kesuksesan gelar yang sensasional bagi tim tuan rumah.

Tim asuhan Alonso kini akan mengalihkan perhatian mereka kembali ke Liga Eropa, bersiap bertandang ke West Ham untuk pertandingan leg kedua perempat final. (**)

Sumber: Reuters

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow