Tahun Depan, Pasar Among Tani Batu Dipasang Internet

Selain dimaksudkan untuk transaksi digital, fasilitas internet juga dapat digunakan oleh pedagang untuk mempromosikan dagangan secara online. Mengingat kebutuhan internet sampai saat ini cukup tinggi, sehingga selain bertransaksi secara konvensional pedagang juga mampu bersaing secara digital dengan berbagai platform.

03 Dec 2023 - 17:00
Tahun Depan, Pasar Among Tani Batu Dipasang Internet
Susana Pasar Among Tani saat digelar event oleh Pemkot Batu (ist)

Kota Batu, SJP - Upaya Pemkot Batu dalam menggerakkan roda perekonomian di Pasar Among Tani melalui dunia digital terus digeber.

Hal ini dibuktikan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu pada 2024 mendatang yang akan melakukan pemasangan kebutuhan internet lingkungan tersebut.

Kepala Diskominfo Kota Batu Onny Ardianto mengatakan pada Ahad (3/12/2023), fasilitas internet gratis tersebut dipasang agar digunakan oleh pedagang maupun pembeli untuk bertransaksi keuangan.

"Yang pasti untuk sementara ini pedagang memanfaatkan fasilitas internet CSR Bank Jatim. Makanya, tahun 2024 kita anggarkan sekitar Rp 300 juta untuk fasilitas internet di Pasar Induk," katanya.

Selain dimaksudkan untuk transaksi digital, fasilitas internet juga dapat digunakan oleh pedagang untuk mempromosikan dagangan secara online.

Mengingat kebutuhan internet sampai saat ini cukup tinggi, sehingga selain bertransaksi secara konvensional pedagang juga mampu bersaing secara digital dengan berbagai platform.

Sementara itu, Pasar Among Tani saat ini jaringan internet yang dimiliki masih ditangani oleh Bank Jatim baik berupa kabel jaringan, hardware, router, dan lain sebagainya.

"Namun di 2024 mendatang semuanya akan dialihkan dan difasilitasi oleh Pemkot Batu. Semoga nanti bisa berguna untuk pedagang dan pembeli di Kota Batu," imbuhnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya pedagang Pasar Among Tani untuk tidak takut berinovasi dengan dunia internet. Sehingga nantinya para pedagang bahkan bisa memanfaatkan jasa transportasi online untuk melakukan pengiriman barang kepada pelanggan yang tidak sempat datang untuk berbelanja. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow