Mirip Simbol Nazi, Badan Sepakbola Jerman Ubah Desain 44 pada Seragam Timnas

Pemasok resmi DFB, Adidas, sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan menghapus nomor 44 dari berbagai opsi penyesuaian mereka.

02 Apr 2024 - 07:30
Mirip Simbol Nazi, Badan Sepakbola Jerman Ubah Desain 44 pada Seragam Timnas
Desain jersey timnas Jerman 44 yangdianggap mirip simbol SS Nazi (BBC/SJP)

Berlin, SJP – Badan sepakbola Jerman akan ubah desain nomor 44 pada seragam tim nasional akan diubah karena kekhawatiran nomor tersebut mirip dengan simbol yang digunakan oleh unit 'SS' Nazi

Sesuai rilis Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) yang dirilis Reuters pada Selasa (2/4) dini hari, seragam baru ini, diluncurkan sebelum Jerman menjadi tuan rumah Kejuaraan Eropa pada bulan Juni dan Juli.

Jadi, seragam ini memulai debutnya saat mereka menang 2-0 atas Prancis pada pertandingan persahabatan bulan lalu.

“DFB memeriksa nomor 0-9 dan kemudian menyerahkan nomor 1-26 ke UEFA untuk ditinjau. Tidak ada satu pun pihak yang terlibat yang melihat adanya kedekatan dengan simbolisme Nazi dalam proses pembuatan desain jersey,” kata DFB dalam pernyataannya. X.

Tetapi, lanjut pernyataan tersebut, kami menanggapi komentar tersebut dengan sangat serius dan tidak ingin memberikan platform untuk berdiskusi. Kami akan mengembangkan desain alternatif untuk nomor 4 dan mengoordinasikannya dengan UEFA.

Langkah penarikan kaus bernomor 4 ini dilakukan setelah disebutkan bahwa kedua nomor empat tersebut mirip dengan gaya SS yang digunakan oleh kelompok Schutzstaffel Partai Nazi.

Umumnya dikenal sebagai SS, kelompok ini terdiri dari unit polisi, pasukan tempur, dan pihak lain yang menjalankan kamp konsentrasi yang melakukan pembunuhan massal terhadap warga Yahudi selama Perang Dunia II.

Pemasok resmi DFB, Adidas, sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan menghapus nomor 44 dari berbagai opsi penyesuaian mereka.

Juru bicara Adidas Oliver Brüggen mengatakan kepada kantor berita dpa bahwa federasi dan 11teamsports bertanggung jawab atas desain nama dan nomor pada kaos tersebut.

“Orang-orang dari sekitar 100 negara bekerja di Adidas. Perusahaan kami mendukung promosi keberagaman dan inklusi, dan sebagai perusahaan kami secara aktif berkampanye melawan xenofobia, anti-Semitisme, kekerasan, dan kebencian dalam segala bentuk,” kata Brüggen. “Setiap upaya untuk mempromosikan pandangan yang memecah belah atau eksklusif bukanlah bagian dari nilai-nilai kami sebagai sebuah merek.”

Brüggen mengatakan Adidas menolak keras anggapan bahwa ini adalah niat kami mereka.

Simbol SS yang bergaya dilarang di Jerman saat ini.(**)

Sumber: BBC

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow