Kata Pemain Dunia Tentang Pep Guardiola

Karier kepelatihan selama kurang lebih satu dekade membuktikan Pep Guardiola layak jadi yang terbaik di dunia

17 Dec 2023 - 15:30
Kata Pemain Dunia Tentang Pep Guardiola
Pep Guardiola, pelatih bertangan dingin (reuters/SJP)

Manchester, SJP -  Harus diakui bahwa Pep Guardiola, pelatih Manchester City saat ini adalah salah satu pelatih tersukses selama kurun waktu satu dekade terakhir.

Gelar-gelar mentereng selalu mengikutinya seiring dengan pujian dari para pakar dan rival.

Saat ini, Pep Guardiola masih menjadi salah satu finalis penghargaan Pelatih Pria Terbaik FIFA.

Ia tentu berharap jadi orang pertama yang memenangkan Piala Dunia Antarklub FIFA™ dengan tiga klub berbeda dalam beberapa hari mendatang.

Apa yang membuat Pep Guardiola begitu istimewa  dan sukses  sejak pertama kali menjabat sebagai pelatih?

Berikut adalah komentar para pemain yang pernah ia latih, dari Bayern Munchen, Barcelona hingga Manchester City.

John Stones

"Saya kira saya adalah si paling tahu sepak bola hingga saya mengenal Pep. Bersamanya, saya sadar ternyata saya belum tahu banyak tentang bola.  Dia membuka mata saya terhadap banyak hal dan saya sangat menyukainya.  Selalu ada hal baru yang saya pelajari bersamanya.”

Douglas Costa

“Saya belajar banyak dari Pep. Dia jenius. Dia tidak hanya mengangkat Anda ke level berikutnya di lapangan, tetapi juga dalam pikiran Anda.”

Sergio Busquets

“Pep lebih dari sekedar master.”

Rodri

“Dia adalah pelatih paling berpengaruh dalam karier saya. Dia telah mengangkatku ke tingkat yang aku tidak tahu bisa dia capai. Saya melihat segalanya dengan lebih mudah melalui dirinya"

Manuel Neuer

“Bekerja dengan Pep sungguh profesional. Kami memainkan sepakbola terbaik di Liga Champions dan di Jerman, lebih baik dari tim lainnya. Guardiola layak mendapat pujian. Dia membawa Bayern maju dalam semua aspek. Saya belajar banyak darinya baik sebagai pesepakbola maupun sebagai individu.”

Erling Haaland

“Ia adalah pelatih terbaik di dunia dan saya senang berlatih bersamanya setiap hari.  Dia adalah pesepakbola terpintar yang pernah saya temui.”

Arjen Robben

“Secara taktik, dia adalah pelatih terbaik di dunia bagi saya. Dia seorang perfeksionis.”

Andres Iniesta

“Dia memberi begitu banyak solusi ketika pemain berada di tengah-tengah permainan, dan hampir semuanya menjadi solusi yang tepat ketika Anda menerapkannya.”

Toni Kroos

“Dia yang terbaik di dunia dalam hal menganalisis lawan, persiapan pertandingan, dan memberikan solusi.”

Phillip Lahm

“Dia adalah pelatih luar biasa dengan level yang sangat berbeda dalam hal taktik. Dia benar-benar membantu para pemain berkembang dan dia bahkan membantu saya berkembang pada usia 30 tahun. Bersama Pep, kami lebih dari sekadar memenangkan trofi. Dia mengembangkan banyak pemain dengan cara dia berpikir tentang taktik, cara dia menganalisis permainan dan mempersiapkan tim untuk lawan tertentu.”

Xavi

 “Dia sangat, sangat cerdas. Dia akan beradaptasi dengan sepak bola di mana pun. Dia adalah orang yang perfeksionis dan obsesif: dia terus berusaha sampai dia bisa melakukannya dengan benar, apa pun yang dia lakukan. Jika Pep Guardiola memutuskan menjadi musisi, dia akan menjadi musisi yang baik. Jika dia ingin menjadi psikolog, dia akan menjadi psikolog yang baik.”

Jack Grealish

“Dia pelatih yang luar biasa. Jiwanya adalah sepak bola. Begitu dia menginjakkan kaki di gedung, semuanya hanya tentang sepak bola, semuanya hanya untuk pertandingan berikutnya..”

Javier Mascherano

“Pep adalah hal yang berbeda karena kecintaan sepak bola hidup menular melaluinya..”

Ederson

“Dia hidup, bernafaskan sepak bola.  Apapun yang dia lakukan berdasarkan pengalaman di sepakbola. Dia adalah pelatih yang baik yang mengatakan apa pun yang dia katakan kepada pemain langsung di hadapannya. ”

David Silva

"Pep bisa menilai sesuatu sebelum hal itu terjadi.  Dia menjelaskan sesuatu kepada pemain dan pemain bisa langsung memahami adalah sangat luar biasa.

David Alaba

“Sungguh menakjubkan bisa berlatih bersamanya.”

Bernardo Silva

“Jika ia suruh saya bermain di posisi lain, mungkin itu bukan posisi terbaik saya tapi saya tahu persis apa yang dia inginkan dengan mata tertutup karena saya sudah bersamanya selama enam tahun.”

Thierry Henry

“Pep Guardiola adalah pelatih terbaik yang pernah saya lihat. Dia adalah sosok yang terdepan pada masanya, dia adalah masa depan olahraga ini dan saya berharap dia tidak pernah berubah.”

Kevin De Bruyne

“Ketika Anda pernah bekerja dengan orang seperti Guardiola, Anda melihat olahraga ini dengan cara yang sangat berbeda. Alangkah baiknya jika semua ilmu Guardiola diwariskan di sepak bola di negara asal saya, Belgia,.”

Lionel Messi

"Pep adalah pelatih terbaik yang pernah saya miliki. Semua yang dia rencanakan selalu terwujud. Dia spesial dalam cara dia melihat sesuatu, mempersiapkan pertandingan, dan berkomunikasi.”

Ilkay Gundogan

“Dia lebih seperti seorang jenius yang membaca permainan dan mencakup setiap situasi yang bisa dibayangkan. Dia selalu menunjukkan cara menciptakan ruang dan menemukan solusi dan tidak ada manajer seperti dia, yang menjadikannya mungkin yang terbaik di dunia.” (**)

sumber: FIFA

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow