Hari Pahlawan Jadikan Momentum Perangi Kemiskinan dan Kebodohan 

Saatnya anak negeri beraksi sebagai generasi bangsa harus terus merawat nilai-nilai perjuangan para pahlawan, salah satunya menguatkan nilai solidaritas, toleransi, dan persatuan bangsa dalam rangka mencapai akselerasi kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

10 Nov 2023 - 19:45
Hari Pahlawan Jadikan Momentum Perangi Kemiskinan dan Kebodohan 
Bupati Lamongan saat melangsungkan penghormatan kepada arwah para Pahlawan dengan melakukan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Lamongan

Kabupaten Lamongan, SJP - Memperingati Hari Pahlawan tahun 2023, Pemkab Lamongan jadikan momentum ini untuk perangi kemiskinan dan kebodohan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat bertindak menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 2023, Jumat (10/11/2023) di Alun-Alun Kabupaten Lamongan

"Para Pahlawan mengajarkan kita semua tentang nilai-nilai perjuangan. Seperti pada saat ini kita harus mampu berjuang untuk menjawab tantangan dan ancaman penjajahan modern," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes saat membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Risma Maharani.

Lanjut, Bupati Yuhronur membeberkan langkah yang sudah disusun Pemkab Lamongan untuk menjawab tantangan dan ancaman penjajahan modern di Kabupaten Lamongan.

Yakni, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang mana sudah tercantum dalam misi kedua RPJMD tahun anggaran 2021-2026 dengan mewujudkan SDM unggul budaya saing dan berakhlak, responsif terhadap perubahan zaman dengan sasaran strateginya adalah indeks pendidikan, indeks kesehatan, dan indeks pembangunan Pemuda.

"Pemkab Lamongan terus berkomitmen untuk perangi kemiskinan dan kebodohan yang dikemas dalam program prioritas di bidang pendidikan dan kepemudaan. Kita punya program pendidikan terintergrasi dan gratis (Perintis), yang digunakan untuk memberikan layanan pendidikan gratis bagi keluarga kurang mampu. Sehingga pemerataan pendidikan di Lamongan berhasil," terang Pak Yes sapaan akrabnya.

Adapun hasil yang ditunjukkan dari program prioritas yang dijalankan meliputi presentase kemiskinan yang terus menurun, pada tahun 2023 menduduki angka 12,43 persen. 

Tidak hanya itu, indeks pembangunan kepemudaan (pendidikan, kesejahteraan lapangan dan kesempatan kerja, kesehatan, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan dikriminasi)juga terus meningkat, pada tahun 2022 menempati angka 59,17 persen.

Sebelum melangsungkan penghormatan kepada arwah para Pahlawan dengan melakukan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Lamongan, Pak Yes berpesan agar momen ini dijadikan refleksi khususnya para generasi masa depan.

Para generasi bangsa harus terus merawat nilai-nilai perjuangan para pahlawan, salah satunya menguatkan nilai solidaritas, toleransi, dan persatuan bangsa dalam rangka mencapai akselerasi kejayaan Lamongan yang berkeadilan. (**)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow