Athletic Bilbao Tekuk Atletico Madrid untuk Melaju ke Final Copa del Rey

Athletic, yang merupakan tim tersukses kedua dalam sejarah Copa del Rey dengan 23 gelar, akan menghadapi Mallorca untuk memperebutkan trofi di Estadio de La Cartuja pada 6 April, dimana tim asuhan Javier Aguirre menyingkirkan Real Sociedad dari kompetisi tersebut pada penalti pada Rabu malam

01 Mar 2024 - 07:00
Athletic Bilbao Tekuk Atletico Madrid untuk Melaju ke Final Copa del Rey
Athletic Bilbao sukses melaju ke final Copa Del Rey hadapi Real Sociedad (reuters/SJP)

Bilbao, SJP - Athletic Bilbao telah memastikan tempat mereka di final Copa del Rey melawan Mallorca berkat kemenangan agregat 4-0 atas Atletico Madrid.

Pasukan Ernesto Valverde membawa keunggulan 1-0 pada leg kedua pertandingan di San Mames, dengan penalti Alex Berenguer terbukti menjadi pembeda antara kedua tim di ibu kota Spanyol.

The Lions mampu menyelesaikan pertandingan dengan cantik di depan pendukung mereka sendiri pada Kamis malam, dengan Inaki Williams, Nico Williams dan Gorka Guruzeta menjadi pencetak gol dalam kemenangan 3-0 untuk tim Basque di leg kedua.

Athletic, yang merupakan tim tersukses kedua dalam sejarah Copa del Rey dengan 23 gelar, akan menghadapi Mallorca untuk memperebutkan trofi di Estadio de La Cartuja pada 6 April, dimana tim asuhan Javier Aguirre menyingkirkan Real Sociedad dari kompetisi tersebut pada penalti pada Rabu malam.

Atletico tidak dapat memanggil Antoine Griezmann karena masalah pergelangan kaki yang dialaminya pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions pekan lalu bersama Inter Milan, dan penemuan serta kerja keras pemain Prancis itu sangat dirindukan oleh tim Diego Simeone pada malam yang sulit. .

Tim tamu sebenarnya mendapat peluang pertama pertandingan pada menit keenam melalui Samuel Lino yang sempat membobol posisi berbahaya di dalam kotak penalti Athletic, namun usahanya bisa ditepis Julen Agirrezabala.

Athletic berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-13, melalui Nico Williams yang memberikan umpan kepada kakaknya, Inaki Williams, yang melakukan tendangan voli melewati Jan Oblak untuk memicu kegembiraan di dalam stadion.

Angel Correa, yang mendapat keuntungan dari absennya Griezmann sebagai starter, tampak membalas serangan Atletico pada menit ke-17, namun usahanya selalu melambung di atas mistar gawang.

Correa kembali mendapat peluang pada menit ke-31 setelah mendapat umpan bagus dari Alvaro Morata, namun tembakan pemain Argentina itu kembali melambung di atas mistar gawang yang menjadi sebuah peluang bagi tim tuan rumah.

Athletic menggandakan keunggulan mereka pada malam itu dan menjadikan agregat menjadi 3-0 pada menit ke-42, dengan Inaki Williams kali ini memberikan umpan kepada Nico Williams, yang mencetak gol melalui umpan tarik ke dalam kotak.

Atletico hampir membalas satu gol sebelum jeda, dengan Stefan Savic melompat tinggi di dalam kotak penalti untuk menyambut sepak pojok, namun sundulan bek tengah itu hanya membentur tiang gawang.

Nico Williams dan Oihan Sancet sama-sama memiliki peluang untuk menambah skor di awal babak kedua, namun peluang pertama berhasil digagalkan oleh Oblak, sebelum Oblak gagal mencetak gol dari posisi yang menjanjikan.

Athletic memastikan langkah mereka ke final setelah satu jam berlalu, dengan Guruzeta melepaskan tembakan ke gawang dari jarak dekat setelah Oblak menahan serangan dari Sancet.

Saul Niguez hampir mencetak gol hiburan untuk Atletico di akhir pertandingan, namun sundulannya melebar dari jarak dekat, dan pertandingan berakhir dengan skor 3-0 pada malam itu, dengan tim asuhan Valverde dengan nyaman melaju ke final berkat kemenangan agregat 4-0.

Kedua tim akan mengalihkan perhatian mereka kembali ke La Liga akhir pekan ini, dengan peringkat keempat Atletico menghadapi pertandingan kandang melawan tim papan atas Real Betis.

Sementara Athletic, yang hanya tertinggal tiga poin dari Atletico di peringkat kelima, hanya akan menghadapi pertandingan kecil dengan juara Barcelona di San Mames.(**)

Sumber: Reuters

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow