Terima DBHCT Rp 2,9 Miliar, Dinas Pertanian Kota Batu Adakan 17 Pelatihan

Pelatihan tersebut akan mencakup berbagai aspek pertanian, seperti teknik bercocok tanam yang efisien, penggunaan pupuk organik, manajemen hama dan penyakit, dan penggunaan teknologi modern dalam pertanian.

14 Oct 2023 - 06:45
Terima DBHCT Rp 2,9 Miliar, Dinas Pertanian Kota Batu Adakan 17 Pelatihan
Kepala dinas pertanian Kota Batu saat ditemui di Balai Among Tani Jumat (13/10/2023) (Jack Alfred/SJP)

Kota Batu, SJP - Dinas Pertanian Kota Batu mendapatkan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) senilai 2,9 miliar, untuk meningkatkan kemampuan petani dan kelompok tani di wilayah ini. Dana tersebut akan digunakan untuk mengadakan sebanyak 17 kali pelatihan.

Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan, Heru yulianto, mengatakan, dana yang diterima ini disalurkan dalam bentuk pelatihan teknis dan pendidikan yang akan membantu petani meningkatkan produksi pertanian dan kualitas hasil panen mereka.

"Sumber dana ini berasal dari hasil cukai, dan kami berkomitmen untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk mendukung pertumbuhan pertanian di Kota Batu dan digunakan untuk pelatihan juga sesuai dengan aturan PMK No 215 Tahun 2021," kata dia kepada suarajatimpost.com saat ditemui di balai among tani, Jumat (13/10/2023).

Dia menjelaskan pelatihan tersebut akan mencakup berbagai aspek pertanian, seperti teknik bercocok tanam yang efisien, penggunaan pupuk organik, manajemen hama dan penyakit, dan penggunaan teknologi modern dalam pertanian.

"Tujuannya adalah membantu petani dan kelompok tani meningkatkan hasil panen dan kualitas produk pertanian mereka," ujarnya.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara dinas tersebut dengan petani dan kelompok tani di Kota Batu.

"Kami ingin melibatkan para petani dalam perencanaan dan pelaksanaan pelatihan ini agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Kolaborasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pertanian kita," jelasnya.

Dari 17 pelatihan yang direncanakan, sudah 2 yang dilaksanakan pelatihan dan 15 diharapkan akan dimulai setelah PAK serta setiap pelatihan melibatkan 30-50 peserta yang berasal dari poktan, ataupun petani.

"Kami Dinas Pertanian berharap untuk melihat peningkatan yang nyata dalam produktivitas dan kesejahteraan petani di Kota Batu dalam waktu dekat," tandasnya. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow