Tanggapi Komentar Megawati, Sekjen PSI: "Jokowi adalah Produk Demokrasi"

Sekjen PSI beberkan perbedaan dari kondisi di era kepemimpinan Presiden Soeharto dengan era masa kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini

02 Dec 2023 - 08:30
Tanggapi Komentar Megawati, Sekjen PSI: "Jokowi adalah Produk Demokrasi"
Sekjen PSI, Raja Juli saat menanggapi komentar Megawati (Ryan/SJP)

Surabaya, SJP - Tanggapi perkataan Megawati Soekarnoputri yang dianggap singgung era pemerintahan Jokowi seperti Orde Baru, Raja Juli ungkapkan Presiden Joko Widodo adalah produk dari demokrasi.

Megawati, selaku Ketua Umum PDI Perjuangan, sempat ungkit perihal kekuasaan dan orde baru dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) Relawan Ganjar - Mahfud di Jiexpo Kemayoran, Jakarta November lalu.

Sekretaris jenderal Partai Solidaritas Indonesia PSI yang juga merupakan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) itu tidak mengerti perkataan tersebut sebenarnya ditujukan untuk siapa.

"Saya engga tahu Ibu kita (Megawati) berbicara dengan siapa dan kepada siapa," terang Raja Juli saat menghadiri agenda Dialog interaktif PSI di The Empire Hotel Surabaya, Sabtu (2/12/2023).

Raja Juli juga tuturkan bahwa dirinya juga hidup di masa Orde Baru.

Ia beberkan perbandingan dan perbedaan dari kondisi di era kepemimpinan Presiden Soeharto itu dengan era masa kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini.

"Dulu pemilihan presiden melalui MPR, dulu media di bredel, bahkan wartawan yang mengkritik dipenjara dan hilang, sekarang ada engga yang dibredel?" tanya Raja Juli kepada awak media.

Bahkan, sekjen PSI itu juga ungkapkan bahwa tidak ada bendungan terhadap kebebasan berekspresi di era Jokowi, baginya kritik bahkan hinaan dan fitnah kepada Presiden Jokowi adalah bentuk nyata dari demokrasi yang tidak ada di zaman Orde BaruĀ 

"Jadi kita lihat indikator saja agar lebih objektif, Jokowi tidak pernah satu kali-pun mengadu atau membuat aduan kepada polisi (saat menerima kritik). Intinya tidak ada, Jokowi adalah produk Demokrasi" pungkasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow