Jelang HUT Ke-1263 Tahun, Bupati Malang Sanusi Ziarah Ke Makam Ki Ageng Gribig & Mantan Bupati

Bupati Malang, Sanusi melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Gribig, di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Senin (27/11/2023)

27 Nov 2023 - 15:30
Jelang HUT Ke-1263 Tahun, Bupati Malang Sanusi Ziarah Ke Makam Ki Ageng Gribig & Mantan Bupati
Bupati Malang, H Sanusi saat membaca surat yassin di Makam Ki Ageng Gribig, Senin (27/11/2023)

Kota Malang, SJP - Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Malang Ke-1263 tahun, Bupati Malang H Sanusi ziarah kubur dan tabur bunga di Makam Ki Ageng Gribig, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Senin (27/11/2023).

Ki Ageng Gribig merupakan salah satu tokoh yang memiliki peranan penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa Timur, terutama Malang.

Ki Ageng Gribig adalah keturunan Prabu Brawijaya V, raja terakhir kerajaan Majapahit.

Ia adalah putra dari Raden Mas Guntur atau Prabu Wasi Jaladara yang mana Raden Mas Guntur adalah putra Jaka Dolog yang merupakan putra Raja Brawijaya V.

Selain Bupati Sanusi, tampak beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Gribig.

Pantauan jurnalis suarajatimpost.com di lokasi, Bupati Sanusi bersama kepala OPD dan para pengurus makam bacakan surat yassin serta doa-doa untuk mengirimkan doa ke Almarhum Ki Ageng Gribig.

Setelah itu, tampak Bupati Sanusi melakukan ziarah ke makam Raden Tumenggung Notodiningrat I yang merupakan Bupati Malang pertama tahun 1819 hingga tahun 1839.

Kemudian ziarah ke makam Raden Adipati Aryo Notohadiningrat II (Bupati Malang ke - 2 tahun 1839-1854), dan Raden Ario Tumenggung Notodiningrat III / Raden Arya Soleko (Bupati Malang ke - 3 tahun 1884 hingga tahun 1898). (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow