Jalur Pendakian Gunung Buthak dan Gunung Panderman Ditutup

Meskipun yang terbakar bukan di kawasan jalur pendakian, namun penutupan dapat meminimalisir dampak yang tidak diinginkan.

22 Nov 2023 - 13:15
Jalur Pendakian Gunung Buthak dan Gunung Panderman Ditutup
Pemadaman di Gunung Panderman oleh tim gabungan (ist)

Kota Batu, SJP - Kebakaran hutan yang terjadi di gunung Panderman membuat jalur pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak ditutup sementara waktu.

Meskipun yang terbakar bukan di kawasan jalur pendakian, namun penutupan ini dilakukan untuk meminimalisir dampak yang tidak diinginkan.

Sardi, penjaga Gunung Panderman dan Gunung Buthak katakan penutupan akan dilakukan sampai kebakaran benar-benar dipadamkan.

 "Soalnya potensi-potensi yang tidak diinginkan dari bencana tersebut cukup banyak. Jadi kami memutup akses pendaki untuk sementara waktu," tuturnya Rabu (22/11/2023).

Beruntung tidak terdapat wisatawan yang tengah lakukan camping ketika peristiwa kebakaran terjadi.\

Karena hingga berita ini diturunkan, kebakaran belum usai sehingga LMDH dan BPBD bisa fokus dalam melakukan pemadaman kebakaran.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Batu menegaskan kawasan yang terbakar berasa di jalur sulit karena berupa lereng terjal. Sehingga ketika dipasamkan maka kemungkinan gerjadi material longsor diatas tebing besar terjadi.

"Untuk itu upaya kami saat ini masih dengan sekat bakar dengan dua tim yakni pos 1 Oro-oro Ombo dengan 35 personel dan pos 2 Toyomerto dengan 20 personel," pungkasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow