Arsenal vs Newcastle United; Arteta Tak Ingin Tragedi VAR Terulang

Newcastle memang tidak mencatatkan clean sheet dalam delapan pertandingan terakhir mereka di kasta tertinggi Liga Inggris ini tetapi mereka pulang dari Emirates dengan hasil imbang 0-0 pada bulan Januari lalu sebelum kemenangan 1-0 pada bulan November di St James' Park

24 Feb 2024 - 20:00
Arsenal vs Newcastle United; Arteta Tak Ingin Tragedi VAR Terulang
Arsenal harus waspadai Newcastle United meski main di kandang sendiri (reuterse/SJP)

London, SJP - Arsenal akan hadapi tim tamu Newcastle United dalam pertandingan pekan ke 26 Liga Premier Minggu (25/2) dini hari di stadion Emirates.

The Gunners kalah 1-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Porto pada Rabu malam, sementara pasukan Eddie Howe terlambat untuk meraih satu poin saat bermain imbang 2-2 dengan Bournemouth akhir pekan lalu.

Tekuk Burnley 5-0 akhir pekan lalu, Arsenal memenangkan lima pertandingan pembuka liga dalam satu tahun kalender untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Tetapi pasukan Arteta tetap berada di posisi medali perunggu di klasemen, satu poin di belakang Manchester City dan lima di belakang Liverpool, yang telah memainkan satu pertandingan tambahan.

Kini dalam perburuan kesuksesan kandang ketiga berturut-turut di Premier League menyusul kemenangan atas Crystal Palace dan Liverpool dengan delapan gol, Arsenal masih memiliki pertahanan paling tangguh di divisinya dengan hanya kebobolan 22 gol.

Sedangkan Newcastle baru main seri saat lawan Luton lalu sempat kalahkan Nottingham Forest 3-2 sebelum menyambut Bournemouth di St James' Park untuk pertandingan menarik lainnya akhir pekan lalu.

Setelah kalah dalam tujuh dari delapan pertandingan mereka dari 7 Desember hingga 1 Januari, Newcastle kini hanya kalah dalam satu dari tujuh pertandingan terakhir mereka di semua turnamen, yaitu menang tiga kali dan seri dua kali dari lima pertandingan terakhir.

Berada di posisi delapan dalam tabel dan dengan selisih tujuh poin untuk mengimbangi Manchester United yang berada di posisi keenam, The Magpies menuju stadion Emirates berbekal semangat cetak gol sebanyak mungkin.

Pasukan Eddie Howe memang tidak mencatatkan clean sheet dalam delapan pertandingan terakhir mereka di kasta tertinggi Liga Inggris ini.

Namun mereka pulang dari Emirates dengan hasil imbang 0-0 pada bulan Januari lalu sebelum kemenangan 1-0 pada bulan November di St James' Park.

Kemenangan tipis tersebut sempat jadi kontroversi karena Mikel Arteta protes dengan gol Anthony Gordon yang tidak sah meski sudah ada tiga pemeriksaan VAR.

Arsenal bersikukuh bahwa bola sudah keluar garis, tetapi wasit menetapkan bola masih di kaki Joe Willock dan tidak keluar garis sehingga tendangan Gordon sah jadi gol.

Pada pertandingan penting ini, Fabio Vieira akan kembali jadi tim inti meski Thomas Partey harus absen karena cedera.

Ketidakpastian juga melanda Partey dan Gabriel Jesus yang juga baru pulih dari cedera.

Arteta juga sempat katakan kemarin Oleksandr Zinchenko dan Takehiro Tomiyasu juga sedang tidak fit.

Di kubu Newcastle, Callum Wilson juga masih belum bisa diturunkan meski Alexander Isak yang sudah bebas dari cedera dapat memperkuat barisan ofensif tim tamu akhir pekan ini.

Pemain cedera lainnya adalah Nick Pope, Matt Targett, Joelinton dan Elliot Anderson tetap ada keluar dari tindakan.

Fabian Schar juga ikut serta dalam latihan sejak cedera pergelangan tangannya saat melawan Bournemouth dan telah dinyatak an fit.

Sedangkan Sandro Tonali harus absen karena sanksi bermain

Prediksi lineup Arsenal:

Raya; White, Saliba, Gabriel, Kiwior; Odegaard, Rice, Jorginho; Saka, Havertz, Martinelli

Prediksi lineup Newcastle United:

Dubravka; Trippier, Schar, Botman, Bakar; Longstaff, Guimaraes, Miley; Almiron, Gordon, Barnes

(**)

Sumber: Reuters, berbagai sumber

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow