Banjir Desa Bumiaji, 80 Rumah Terdampak

Untuk menanggulangi banjir tersebut, sudetan dari arah ke sungai Brantas dari kali Paron seharusnya dibongkar dan dilebarkan. Sehingga, aliran air bisa leluasa saat hujan deras.

08 Dec 2023 - 18:00
Banjir Desa Bumiaji, 80 Rumah Terdampak
Kondisi warga Dusun Beru yang tengah membersihkan material yang terbawa banjir (Foto : Arul/SJP)

Kota Batu, SJP - Akibat intensitas hujan tinggi di Kota Batu dan luapan dari kali Paron yang meluber ke Dusun Beru Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu pada Jumat (8/12/2023), membuat 80 rumah warga terdampak. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Bumiaji Edy Suyatno saat ditemui di lokasi.

"Memang ini yang paling parah. Tapi, sebenarnya kejadian banjir di Dusun Beru bukan yang pertama. Namun, sudah menjadi langganan setiap musim hujan, karena sudetan dari sungai Paron menuju sungai Brantas terlalu kecil. Sehingga, saat hujan deras sungai Paron tidak bisa menampung air yang menyebabkan luapannya membanjiri rumah warga," jelasnya.

Ia juga menilai untuk menanggulangi banjir tersebut, sudetan dari arah ke sungai Brantas dari kali Paron seharusnya dibongkar dan dilebarkan. Sehingga, aliran air bisa leluasa saat hujan deras. Hal tersebut sebenarnya juga telah diajukan ke Pemkot Batu melalui Musrenbang namun belum terealisasi sampai saat ini.

Sementara itu, Kepala Dusun Beru Eva menambahkan pada 2021 lalu sebenarnya pernah terjadi kejadian banjir dan menimpa area pertanian.

"Tahun lalu, ketinggian air saat banjir hanya sampai mata kaki orang dewasa. Artinya, hanya sampai teras saja. Tetapi, sekarang ketinggian air setinggi di atas lutut orang dewasa hingga masuk dalam rumah warga," urainya.

Beruntung warga mendapatkan bantuan dari BPBD, dan unit Damkar untuk membersihkan material lumpur yang dibawa aliran banjir hingga masuk ke dalam rumah. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow