Sasar Generasi Muda, Pemkot Mojokerto Sosialisasi Ajak Pemilu 2024 Lewat Mobil Videotron

Pemkot Mojokerto melalui Diskominfo lakukan sosialisasi gunakan hak suara di Pemilu 2024 dengan siaran keliling via mobil Videotron

07 Feb 2024 - 06:45
Sasar Generasi Muda, Pemkot Mojokerto Sosialisasi Ajak Pemilu 2024 Lewat Mobil Videotron
Tampak mobil Videotron tentang ajakan ikut Pemilu 2024 terpampang di depan SMAN 2 Kota Mojokerto, Selasa (06/02/2024) (Oky/SJP)

Kota Mojokerto, SJP - Ada yang berbeda di setiap sudut jalanan di Kota Mojokerto yakni sebuah mobil Videotron berisikan sosialisasi Pemilu 2024 menyapa seluruh warga.

Hal itu dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk melakukan sosialisasi ajakan menggunakan hak suara di Pemilu 2024 melakukan siaran keliling via mobil Videotron.

Pj Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih di Pemilu 2024.

"Ini sangat efektif dan kalau kita bandingkan dengan daerah lain, hanya di Kota Mojokerto melakukan siaran keliling via mobil Videotron tentang ajakan ikut Pemilu 2024," ujarnya, Selasa (06/02/2024).

Mas Ali sapaan akrabnya menjelaskan, mobil Videotron itu terus melintasi tidak hanya di jalan utama, namun menyasar lokasi-lokasi yang menjadi titik kumpul warga hingga di sejumlah lingkungan sekolah.

"Untuk pekan ini, kita menyasar ke kawasan lingkungan sekolah seperti SMA yang memang sudah mendapatkan hak suara. Karena mereka sebagai pemilih pemula dari kalangan Gen-Z," terangnya.

Mas Ali menambahkan, sosialisasi tersebut diharapkan menjadi sarana edukasi bagi kaum generasi muda untuk menyalurkan hak pilih serta berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

"Ketika kebijakan dari pemimpin terpilih nantinya akan berdampak ke mereka. Jadi, ini seperti menentukan nasib mereka sendiri sebenarnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari KPU Kota Mojokerto, jumlah pemilih generasi Z (Gen-Z) yang lahir tahun 1997-2007 ada 23.847 atau 23 persen dari total 104.629 DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Di antara lima kelompok generasi, persentase tersebut menempati posisi ke-3 terbanyak, setelah generasi Millenial (33 persen), dan generasi X (28 persen).(*)

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow