default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Berdalih Agar Bisa Ditanami, Galian C di Nganjuk Berjalan Aman

Berdalih Agar Bisa Ditanami, Galian C di Nganjuk Berjalan Aman
Peristiwa Daerah
Alat berat dan alat angkut dam truck ketika melakukan aktivitas galian di dekat tanggul berantas

NGANJUK, - Tambang galian C yang berada di Dusun Bandaralim, Desa Demangan, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dimana lokasinya dekat dengan tanggul sungai berantas. Dinilai belum mengantongi izin. 

Menurut sumber terpercaya, WL (inisial) mengatakan bahwa dari yang diketahuinya hanya sebatas ada pengerukan tanah dan ada dam truck yang mengangkut.

"Dari yang punya tanah 100 ribu dan dijual 300 ribu infonya begitu," tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Demangan Suparno, melalui perangkat desa menjelaskan bahwa lahan yang digali menggunakan alat berat berdalih agar tanahnya bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

"Itu bumi pemajekan sudah izin ke lingkungan Bandaralim, pada intinya warga pingin tanah bisa dimanfaatkan," terang perangkat desa Demangan dikantor desa, pada sejumlah wartawan. Senin (06/7/2020).

Disinggung mengenai apakah sudah izin desa kalau ada kegiatan penambangan, perangkat desa menampik bahwa adanya galian tersebut, pihak desa belum diminta izin oleh pemilik tanah.

"Pihak yang punya tanah, belum memberitahukan kepada pihak desa," ungkapnya.

Diketahui dilokasi terlihat aktivitas  menggali tanah menggunakan excavator PC 100 berwarna kuning dan sekitar 5 (lima) dam truck parkir menunggu giliran untuk mengisi tanah urug.

Selain itu kegiatan tersebut sudah berjalan sekitar sepekan dan lebih ironisnya tepat dekat dengan tanggul sungai berantas di sampingnya ada lahan tanaman padi bekas dipanen. 


Kontributor : Hariyanto
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar