default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Ratusan Jamaah Haji di Kabupaten Sampang Gagal Berangkat Tahun Ini

Ratusan Jamaah Haji di Kabupaten Sampang Gagal Berangkat Tahun Ini
Peristiwa Daerah
Kepala Kemenag Sampang, Pardi saat memberikan keterangan.

SAMPANG - Sebanyak 421 Calon Jamaah Haji (CHJ) di Kabupaten Sampang gagal berangkat tahun ini. Karena berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Agama RI tentang pembatalan pemberangkatan jamaah haji di tahun 2020 akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Kemenag Sampang, Pardi menyatakan, dengan dibatalkannya pemberangkatan haji secara otomatis petugas haji baik dari kesehatan, kloter dan juga daerah dibatalkan. Serta para jamaah yang gagal berangkat tahun ini, secara otomatis akan berangkat tahun 2021 mendatang.

"Jumlah terakhir jamaah di Sampang sebanyak 421 termasuk di dalamnya Lanjut Usia (Lansia). Sesuai dengan SK Menteri yang baru saja ditandatangani, nomor 494 tahun 2020, bahwa pemberangkatan haji tahun 2020 atau 1441 Hijriah ini dibatalkan, secara otomatis semua petugas di batalkan, baik petugas kesehatan, kloter dan petugas daerah semuanya dibatalkan," jelasnya, Rabu (3/6/2020).

Keputusan pembatalan pemberangkatan CJH ke tanah suci tahun ini dilakukan dengan memprioritaskan keselamatan jamaah.

"Oleh karena itu kami tetap memohon kepada jamaah haji tahun ini yang tidak jadi berangkat untuk tetap bersabar, dan kami dari Pemerintah mohon maaf sekaligus juga berharap tetap bersabar dan pasrah kepada Allah karena ini semua adalah takdir yang harus kita jalani," ucapnya

Sementara itu salah satu calon jamaah haji Kelurahan Gunung Sekar Perumahan Selong Permai Kota Sampang, Ahmad Morang, menyampaikan dengan dibatalkannya pemberangkatan haji tahun ini pihaknya tetap bersyukur, karena kondisi yang tidak stabil.

“Alhamdulillah ditunda karena musim pandemi Covid-19, jadi kalau berangkat kan terlalu beresiko,” tuturnya.

Ahmad berharap agar pandemi virus corona tahun ini segera berakhir, dan bisa melaksanakan ibadah haji di tahun mendatang.

“Ya haji kan panggilan ibadah mas, jika tahun ini tidak dipanggil berarti belum waktunya, kita nerima saja dan pasrah sama Allah, harapannya tahun depan covid-19  bisa berakhir dan bisa melaksanakan ibadah haji, amin,” tandasnya.


Kontributor : Ahmad Juma'adi
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar