default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Komisi II DPRD Trenggalek Panggil Lembaga Pembiayaan Perkriditan Terkait Pandemi Covid-19

Komisi II DPRD Trenggalek Panggil Lembaga Pembiayaan Perkriditan Terkait Pandemi Covid-19
Birokrasi
Komisi II DPRD Trenggalek rapat kerja dengan lembaga pembiayaan

TRENGGALEK - Komisi II DPRD Kabupaten Trenggalek memanggil lembaga pembiayaan untuk membahas implementasi kebijakan perkriditan, yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 di aula DPRD Trenggalek. Selasa (2/6).

Pranoto, ketua komisi II DPRD Trenggalek mengatakan, akibat covid 19, hampir semua sektor perekonomian, mengalami penurunan yang cukup siqnifikan, yang berimbas pada masyarakat pelaku ekonomi, sehingga banyak pengusaha yang merugi. 

“Atau mungkin, terjadi kejanggalan kejanggalan yang dilakukan oleh bank bank, dan lembaga pembiayaan yang ada di Kabupaten Trenggalek,” paparnya.

Hasil rapat Kerja dengan bank BRI, BNI, bank jatim dan BRI Syariah, persoalan yang  dibawa oleh debitur hampir sama yaitu, penundaan pembayaran angsuran pokok plus bunga. 

Tetapi dari pihak bank hanya ada tiga skema pembiayaan, 
satu penundaan angsuran pokok, kedua pengurangan bunganya, dan ketiga perpanjangan jangka waktu. 

Dari beberapa bank tersebut kata Pranoto, hanya satu bank yang berbeda, dengan bank Lain nya yaitu bank BTN, dengan skema penundaan pembayaran pokok, tetapi pembayaran bunga nya tetap. 

“Sedangkan untuk BRI pembayaran pokok dan bunga tenggang waktunya sampai dengan bulan desember, untuk BTN, tergantung kebijakan pusat,” sambungnya.

Kesimpulanya, berdasarkan masukan dari masyarakat kata Pranoto, masyarakat meminta penundaan pembayaran pokok dan bunganya. 

Untuk klasifikasi  berat seperti tranportasi, karena sama sekali tidak jalan, maka mereka berharap penundaan pembayaran pokok dan Bunganya. 

“Karena ini bukan wewenang cabang,  tetapi kebijakan dari pusat, maka cabang tidak berani mengambil kebijakan sendiri, walaupun yang paling banyak sekarang ini, permohonan penundaan pembayaran pokok dan bunganya," pungkasnya.


Kontributor : Tatang
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar