default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Hasil Restrukturisasi Kredit Nasabah Pembiayaan Astra Financial Terdampak Covid-19, Capai 21,9 Triliun

Hasil Restrukturisasi Kredit Nasabah Pembiayaan Astra Financial Terdampak Covid-19, Capai 21,9 Triliun
Sosial
Hasil Restrukturisasi Kredit Nasabah Pembiayaan Astra Financial Terdampak Covid-19, Capai 21,9 Triliun

JOMBANG - Lembaga jasa keuangan bidang pembiayaan Astra Financial telah melakukan relaksasi Kredit Konsumen untuk mendukung program pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Selama, 1,5 bulan sejak diluncurkannya progam ini, implementasi restrukturisasi tersebut. Mencapai 21, 9  triliun untuk 792.000 nasabah, baik untuk konsumen roda 4 maupun roda 2. Angka itu merupakan 41 persen dari total restrukturisasi diindustri pembiayaan.

Hal itu setelah Presiden RI Joko Widodo mengumumkan program tersebut pada 24 Maret 2020, yang diikuti oleh kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 30 Maret 2020.

Maka seluruh perusahaan pembiayaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang berjumlah 183 anggota. 

Menindak lanjuti program tersebut, tiga pembiayaan ritel yang tergabung  lanjuti program tersebut. Begitu juga dengan tiga perusahaan pembiayaan ritel yang ada dalam Astra Financial yakni PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Toyota Astra Financial Servisces (TAF) untuk pembiayaan roda 4, sedangkan untuk roda 2 PT Federal Internasional Finance (FIF) Group.
 
Soparno Djasmin, Director-In-Charge Astra Finanscal mengatakan sangat mengapresiasi langkah pemerintah mengambil kebijakan stimulus perekonomian nasional sebagai kebijakan untuk menangani pandemi Covid-19.

"Sejak awal, kami berkomitmen untuk mendukung kondisi bangsa dan negara Indonesia untuk segera kembali ke situasi normal. Arahan dari pemerintah dan OJK kami komunikasikan dengan baik kepada para nasabah diseluruh lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial," terangnya. Sabtu (21/5/2020).

Ditegaskan, Soparno, pihaknya bersyukur atas terbitnya peraturan tersebut, sehingga semua nasabah dari Astra Financial bisa merasakan progam rileksasi.
 “Kami bersyukur hingga 17 Mei 2020 atau 1,5 bulan setelah peraturan restrukturisasi tersebut diimplementasikan, total restrukturisasi yang disetujui di 3 Perusahaan Pembiayaan Astra Financial, yaitu ACC dan TAF serta FIFGROUP mencapai Rp 21,9 triliun yang  dilakukan untuk 792.000 nasabah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia,” tegas pria yang juga Direktur Astra Internasional Tbk.

Sementara, Agus Prayitno, Presiden Direktur TAF menjelaskan bahwa dalam kondisi masih mendemo Covid-19, pihak berharap nasabah untuk safe and healthy. Untuk membantu nasabah yabg sedang mengalami kesulitan dampak dari pandemi Covid-19, pihaknya (TAF) menawarkan program restrukturisasi bagi nasabah.

"Tidak perlu kwatir TAF akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah baik terhadap end customer maupun dealer, mengenai jumlah kontrak yang harus diselesaikan oelh TAF selama 1,5 bulan mencapai 30.993 kontrak dengan nilai sekitar 4,2 Triliun," jelasnya.

Senada apa yang dikatakan, Margono Tanuwijaya CEO FIF Group dengan sepirit penuh semangat walau mengahadapi pandemi Covid-19.

"Mari kita bersama-sama melakukan apa yang terbaik dari kita semua untuk bangsa Indonesia. FIF GROUP dengan jaringan network yang tersebar di seluruh Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan Pemerintah dan juga FIF Group akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh nasabah ditengah masa dan tantangan yang sulit ini," katanya.

Sekedar diketahui bahwa CSR Astra Financial juga menyerahkan bantuan sembako mulai April 2020 hingga 18 Mei 2020. Hingga 18 Mei 2020, kami telah menyalurkan 71.260 paket sembako senilai Rp 14,25 miliar di lebih dari 842 titik di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut berawal dari program FIFGROUP yang menyalurkan dana sosial syariah sebanyak 45.300 paket sembako untuk masyarakat sekitar kantor pusat dan kantor cabang senilai Rp 9,1 miliar ke 620 titik di seluruh Indonesia dari tanggal 07 – 20 April 2020. Sedangkan, bantuan untuk karyawan yang berjumlah 30.210 paket sembako berasal dari dana koperasi FIFGROUP senilai Rp 5,8 miliar.

Selain itu, FIFGROUP juga ikut menyumbang Alat Pelindung Diri (APD) ke warga Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Polres Metro Jakarta Selatan, Bekasi, Jayapura, Pematang Siantar, Majalengka dan Bangka Barat, berupa matras, hazmat, masker, hand gloves, disinfektan, hand sanitizier, google dan masker kain senilai Rp 203 juta.

Kemudian, secara bersama-sama Astra Financial (FIFGROUP, ACC, TAF, Komatsu Astra Finance-KAF, Asuransi Astra, Sedaya Multi Investama-SMI) menyerahkan 10.000 paket sembako senilai Rp 2,0 miliar ke provinsi Sumatera Utara yang langsung diterima oleh Gubernur Edy Rahmayadi pada tanggal 14 April 2020 dalam bentuk bantuan kepada masyarakat Medan dan luar Medan.

Selanjutnya, pada tahap ke-3 Astra Financial menyalurkan sembako di seluruh Indonesia kecuali Medan dan luar cabang FIFGROUP. Jumlah sembako yang disalurkan tersebut mencapai 15.960 paket untuk pulau Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan sebagian Sumatera, sehingga total paket sembako Astra Financial mencapai 71.260 yang disebarkan di seluruh Indonesia senilai Rp 14,3 miliar.

Jumlah kontrak yang berhasil diselesaikan oleh TAF selama 1,5 bulan ini mencapai sekitar 30.993 kontrak dengan nilai mencapai Rp 4,2 triliun.

Dan Sejak awal April 2020 hingga 18 Mei 2020, FIF Group  menyetujui relaksasi senilai 6,7 triliun 
yang dilakukan untuk 683.000 nasabah,tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. 

Sedangkan sejarah Astra Financial bermula ketika tahun 1981 AstraInternational Tbk. membeli sahammayoritasPT. Maskapai Asuransi Buanaatau Asuransi Astra yang didirikan pada tahun 1957. 

Seiring perkembangan usahanya Astra Financial,saat ini memiliki beberapa lembaga jasa keuangan yang terdiri
dari Pembiayaan, Asuransi, Modal Ventura, Dana Pensiun dan Teknologi Keuangan.

Ada 10 Lembaga Jasa Keuangan yang tergabung dalam Astra Financial diantaranya :

1. FIFGROUP merek dari PT Federal International Finance, yang merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor merek Honda (FIFASTRA) dan beragam pembiayaan konsumen.

2. ACC merek dari PT Astra Sedaya Finance, yang menawarkan pembiayaan mobil segala merek.

3. TAF merek dari PT Toyota Astra Financial Services, yang menawarkan pembiayaan mobil Toyota, Daihatsu, dan Lexus.

4. Asuransi Astra merek dari PT Asuransi Astra Buana, yang menawarkan produk dan layanan asuransi umum berupa perlindungan asuransi kendaraan bermotor (Garda Oto dan Garda Motor), kesehatan (Garda Medika) dan usaha komersial.

5. Astra Life merek dari PT Astra Aviva Life, yang menyediakan produk asuransi jiwa yang komprehensif berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link).

6. SANF merek dari PT Surya Artha Nusantara Finance, yang fokus usahanya pada pembiayaan alat berat.

7. Komatsu Astra Finance (KAF) merek dari PT Komatsu Astra Finance, yang menyediakan solusi pembiayaan alat berat merek Komatsu di Indonesia dan produk pendukungnya yang dipasarkan oleh PT United Tractors Tbk. (UT).

8. Astra Ventura merek dari PT Astra Mitra Ventura, yang menyediakan fasilitas pembiayaan dan penyertaan modal yang disertai dengan aktivitas pendampingan kepada Debitur dan Pasangan Usaha.

9. Dana Pensiun Astra yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti dan Program Pensiun Iuran Pasti untuk Karyawan Astra

10. Maucash merek dari PT Astra Welab Digital Arta (AWDA), menawarkan produk pinjaman yang dapat diakses melalui aplikasi mobile kepada konsumen ritel dan juga menyediakan solusi finansial berbasis teknologi kepada konsumen korporasi.


Kontributor : Hariyanto
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar